Diduga Proyek Irigasi Pela Parado Tak Sesuai, KIPANG Demo Di Kantor Camat Monta -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Diduga Proyek Irigasi Pela Parado Tak Sesuai, KIPANG Demo Di Kantor Camat Monta

Monday, August 28, 2017

Bima, mimbarntb.com- DPC LSM KIPANG Bima bersama koalisi masyarakat dari tiga desa Simpasai, Sie dan Pela melakukan aksi demonstrasi di depan gerbang masuk kantor Camat Monta Senin (28/8/2017). Sederet tuntutan disampaikan diantaranya pengerjaan proyek yang dinilai tidak sesuai dengan hasil sosialisasi pada saat di kantor lalu, lokasi proyek juga tidak tepat sasaran selain itu mengorbankan kepentingan pembangunan tiga desa tersebut yang tercatat mengalami dampak kerusakan paling parah, serta menuntut tanggungjawab pelaksana atas kerugian negara yang ditaksir mencapai milyaran rupiah.

Dalam orasinya Al Fathir bertindak sebagai korlap menyatakan pelaksanaan proyek tersebut sangat mengesampingkan kepentingan masyarakat dan diduga pihak pelaksana sengaja menipu warga. Ia menuding pelaksana seperti kucing-kucingan dalam menggunakan anggaran negara yang bernilai 17.078.212.800, tersebut.
Camat Monta saat menanggapi tuntutan para pendemo
"oleh karena tiga desa telah dikorbankan, Pelaksana dan BWS harus bertanggungjawab atas kerugian masyarakat ini yang tersingkir dari pemanfaatan anggarannegara" ungkapnya.

Ketua LSM Kipang Kadir Jailani juga menjelaskan "aksi ini dilandasi keresahan kami selaku warga masyarakat penerima manfaat atas anggaran negara yang sengaja dialihkan oleh PT Indopenta Bumi Permai. Akibatnya kami yang ada di desa Simpasai, Pela dan desa Sie harus tetap mengalami dampak dari saluran Dam Pela Parado yang telah rusak".

Aksi yang berlangsung sekitar tiga jam itu berjalan dengan lancar dan dikawal oleh jajaran Polsek Monta. Kendati pihak pelaksana tidak hadir memberikan klarifikasi namun Camat Monta Muhtar, SH dihadapan para pendemo berjanji akan mengundang pihak pelaksana untuk menggelar pertemuan sekaligus klarifikasi tuntutan para pendemo. 

(Red)