Gerinda dan PAN Bersinergis Sampai Ke Kota -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Gerinda dan PAN Bersinergis Sampai Ke Kota

Wednesday, October 4, 2017

Pasca hadirnya PAN dan dukungan PAN pada deklarasi Ahyar Mori di lapangan Masbagik Lotim tanggal 1 Oktober kemarin telah menjawab tuntas sudah kemana arah berlabunya Gerindra di Kota Bima.
Alam Mantan Aktivis senior
Dalam beberapa waktu belakangan Gerindra sangat menunggu sikap atau posisi politik PAN terhadap pasangan Ahyar Abdu - Mori Hanafi yang dimana partai Gerindra menjadi lokomotif koalisi dari pasangan yang mengusung salah satu kader terbaik Gerindra ini.

Sikap tegas PAN untuk tetap melanjutkan koalisi bersama Gerindra di provinsi maka secara otomatis Gerindra pun akan selalu bersama PAN di Kota Bima. Begitu PAN clear mendukung koalisi di provinsi maka clear juga bahwa Gerindra akan mendukung koalisi PAN di kota yang mengusung paslon Lutfi Feri dimana Feri Sofyan adalah kader terbaik PAN di Kota Bima.

Fakta ini sekaligus membantah posisi dukungan partai Gerindra untuk pilkada Kota Bima yang terlanjur di klaim oleh berbgai pihak yang sebenarnya sah sah saja karena memang namanya politik sebagai upaya membangun opini politik semata. 

Posisi politik kedua partai tersebut yang saling membutuhkan dan saling melengkapi inilah yang membuat koalisi PAN Gerindra akan bersinergis mulai dari provinsi sampai Kota Bima. 

Karena tidak ada yang lebih penting bagi partai politik ketika ada kader terbaiknya maju maka tidak lain dan tidak bukan selain mengharapkan dukungan dari banyak pihak dan banyak parpol guna memenangkan pertarungan.

Koalisi ini juga sekaligus memberikan gambaran jelas bahwa kesepakatan tingkat elit pimpinan parpol antara Prabowo dan Zulkifli Hasan dapat dilaksanakan dengan baik oleh masing masing kedua partai Politik.

Prabowo tentu sangat tidak menginginkan jika PAN menarik dukungan dari Ahyar Mori yang bekalangan digadang gadang sebagai paslon terkuat untuk saat ini. 

Begitu juga dengan Zulkifli Hasan tentu sangat tidak menginginkan jika Gerindra menarik dukungan dari Lutfi Feri yang juga dalam berbagai survei menjadi paslon dengan potensi kemenangan yang paling besar.

Dua kepentingan yang sama diantara kedua pimpinan parpol inilah yang membuat koalisi PAN Gerindra tak bisa dipisahkan dan tak akan mampu digoyang oleh siapapun. 

Karena Prabowo sebagai pimpinan Gerindra menyadari betul bahwa jika Gerindra tidak mendukung kader PAN atau tidak bergabung dengan koalisi PAN di Kota Bima maka secara otomatis PAN pun tidak akan mendukung koalisi Gerindra di provinsi. 

Pun sebaliknya Zulkifli Hasan juga menyadari bahwa jika tidak mendukung kader Gerindra di Provinsi maka secara otomatis Gerindra pun tak akan mendukung kader PAN di Kota Bima.

Dengan jelasnya koalisi dan sinergi PAN dan Gerindra dari provinsi hingga ke Kota maka jelas pula bahwa pilkada Kota Bima tidak bisa dihindari terjadi head to head yang diusung oleh parpol dan merupakan sejarah baru dalam politik pilkada di Kota Tepian Air.

Oleh: Alam Mantan Aktivis HMI