Deklarasi "Stop Buang Air Besar" Tingkat Kecamatan Belo -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Deklarasi "Stop Buang Air Besar" Tingkat Kecamatan Belo

Saturday, December 23, 2017

Liputan pada saat deklarasi Germas di Desa Runggu Kecamatan Belo.
Bima.MimbarNTB.com | Dalam rangka mendukung Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Puskesmas Belo bekerja sama dengan 9 Desa  menggelar kegiatan Deklarasi Stop Buang air Besar Sembarangan Tingkat Kecamatan Belo. kegiatan tersebut dipusatkan di Desa Runggu, Sabtu 23/12/2017 kemarin.

Kepala Puskesmas Kecamatan Belo, Dr. Eni Andriani dalam sambutannya mengatakan kedepan Open Defetion Free (ODV) seperti itu akan ditingkatkan guna mewujudkan masyarakat yang sehat.

"Kami selaku petugas kesehatan memberikan contoh cara hidup yang sehat dan budayakan hidup sehat kepada masyarakat" katanya.

Tidak hanya itu, dia berharap kepada masyarakat agar tidak merokok demi mendukung program germas dan Open Defetion Free (ODV).

Dia juga Ungkapkan bahwa hampir 94 penyakit menyebar di tengah masyarakat. Oleh karena itu dia mengimbau kepada semua komponen masyarakat agar menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat.

Sementara Camat Kelo, Bambang Setiawan S. Sos mengatakan
Suksesnya dunia kesehatan tergantung sungguh pada kesadaran masyarakat.

"Diharapkan kepada  masyarakat agar betul-betul menerapkan pola hidup sehat didalam menyongsong hidup Germas" ungkapnya. 

dia ungkapkan koordinasi antara masyarakat dan pemerintah sangatlah penting dan harus dikuatkan didalam mewujudkan deklarasi Germas tersebut.

Kabid PD2PL Rifaid. S,Sos, M.Ap mengatakan bahwa  masyarakat harus memiliki Jamban supaya tidak membuang air besar secara sembarangan sehingga tercipta germas.

Dia menambahkan budaya cuci tangan dan penataan lingkungan yang bersih harus di tingkatkan lewat komitmen Open Defetion Free (ODV) tersebut.

"Saya mengajak masyarakat agar mendukung program pemerintah Daerah dalam mewujudkan pola hidup sehat"tandasnya.