Menangani Kusta, Dikes Bersama Kemenkes Gelar Pertemuan Advokasi -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Menangani Kusta, Dikes Bersama Kemenkes Gelar Pertemuan Advokasi

Thursday, November 29, 2018

Tangani Kusta, Dikes gangeng Kemenkes RI gelar pertemuan advokasi.
BIMA, MIMBARNTB.com | Upaya peningkatan cakupan penanganan penyakit Kusta terus digenjot  Pemerintah. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima mengadakan Pertemuan Advokasi, Sosialisasi dan Pelaksanaan Intensifikasi Penemuan  Kasus kusta melalui kampanye eliminasi kusta berlangsung Rabu (2/11) aula SMKN 3 Kota Bima.  
Bupati Bima diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda  Kabupaten Bima H. Qurban dalam sambutannya menegaskan komitmen Pemerintah Daerah untuk membantu dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dalam penanganan kasus kusta.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dr. H. Ganis Kristanto dalam pengantarnya memaparkan bahwa pertemuan tersebut merupakan kerjasama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dengan Kementerian Kesehatan yang secara khusus menghadirkan 73 peserta. Para peserta berasal terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat,  dokter Puskesmas, LSM dan jurnalis.

"Kegiatan ini ditujukan untuk lebih mengintensifkan penanganan kasus kusta di Kabupaten Bima sebagai satu dari 3 wilayah di NTB yang relatif  masih mempunyai kasus kusta," jelasnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima juga memaparkan Daerah atau wilayah di Kabupaten Bima yang terdapat penderita kusta.

Pada sesi diskusi, narasumber dari Kementerian Kesehatan RI Rita Yulihane yang memaparkan materi tentang situasi dan kebijakan program pencegahan dan pengendalian penyakit kusta.

Rita mengatakan bahwa Kabupaten Bima merupakan salah satu dari 3 kabupaten kota di NTB yang memiliki rasio penderita penyakit kusta 1 berbanding 10.000 penduduk.   "Sesuai target nasional maka harus dilakukan eliminasi hingga mencapai  0 per 10.000 penduduk," ungkapnya.

Dikatakan Rita, salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu mengintensifkan lebih dini dalam masa inkubasi yang cukup lama antara 1 sampai 5 tahun.  Juga jangan sampai ditemukan penderita dalam kondisi  cacat. (mb01)