Lima Tokoh Pulau Sumbawa Masuk Nominasi Pahlawan Nasional -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Lima Tokoh Pulau Sumbawa Masuk Nominasi Pahlawan Nasional

Monday, January 21, 2019

Ilustrasi 
BIMA, MIMBARNTB.com | Yayasan Sumbawa Bangkit sedang menyiapkan lima tokoh pulau Sumbawa untuk diusulkan masuk nominasi pahlawan nasional ke pemerintah pusat.
Kelima tokoh tersebut terlibat langsung dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, yaitu antara lain Sultan Salahudin Bima, Sultan Sirajudin Dompu, Sultan Jaharudin dari Sumbawa. 

Ketua umum yayasan Sumbawa bangkit, Nurdin Ranggabarani, SH.MH mengatakan meskipun dari kelima tokoh tersebut tidak semuanya masuk nominasi, namun diharapkan minimal harus ada yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

"Sedang menyiapkan pahlawan nasional dari pulau Sumbawa, karena mereka turut langsung memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Kelima nama ini masuk nominasi sebagai pahlawan nasional. Prosesnya sedang berlangsung dan dokumen-dokumen kita lagi siapkan," ungkap mantan calon Wakil Gubernur NTB 2008 itu kepada media pada Jumat (18/1/2019) sore saat berkunjung ke Kelurahan Karara, kota Bima. 

Dalam rangka untuk memperkuat usulan-usulan itu, NR berencana pada Februari mendatang akan melakukan sosialisasi di empat Kab/kota yaitu Kota/Kabupaten Bima, Sumbawa dan Kabupaten Dompu. 

"Yang didorong kelima-limanya. Tapi untuk sementara yang memenuhi syarat hanya ada dua, kita serahkan kepada pemerintah pusat. Namun saya berharap kelimanya masuk dan ditetapkan sebagai pahlawan nasional," pungkasnya.

Untuk itu, dia sangat berharap dukungan semua eleman masyarakat untuk ikut mendorong pemerintah pusat agar kelima figur kebanggaan pulau Sumbawa tersebut segera ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

"Kelimanya itu ikut terlibat langsung memproklamasikan kemerdekaan Indonesia," tutupnya. (mb01).