Rombongan Andi Sirajudin Disambut Istimewa oleh Warga -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Rombongan Andi Sirajudin Disambut Istimewa oleh Warga

Tuesday, April 30, 2019

Kabupaten Bima, mimbar NTB - Berbeda dari tujuh desa sebelumnya, Penyambutan Tim Penilaian Lomba Desa dan Lomba Posyandu Terintegrasi Tingkat Kabupaten Bima yang ketika bertandang ke Desa Labuhan Kananga Kecamatan Tambora pada Sabtu (27/4/2019) disambut dengan Kesenian Bima yaitu Kareku Kandei (Pukul Lesung) oleh sekelompok warga desa setempat.

Tim tiba di desa setempat disambut oleh camat Tambora Drs Isyrah, Muspika Kecamatan Tambora, kepala desa Labuhan Kananga Syahbuddin, Kades se-Kecamatan Tambora dan TP PKK.
           
Dihadapan tim penilaian lomba desa, Syahbuddin memaparkan bahwa Desa Labuhan Kananga yang berpenduduk sebanyak 1.109 jiwa yaitu lebih dari 68% warganya bermata pencaharian sebagai petani.


Kades menguraikan beberapa poin secara khusus yaitu menekankan pada peningkatan kapasitas pemerintah, penguatan kerjasama antar desa, peningkatan partisipasi masyarakat dan pengembangan ekonomi kreatif.

"Dalam upaya pengembangan ekonomi kreatif, beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain pembuatan bakso berbahan dasar ikan laut, abon ikan laut dan jajan tradisional khas Labuhan Kananga,"papar Kades.
       
Katanya desa Labuan kananga yang sebagian besar penduduknya sebagai petani ini, juga melakukan usaha warung, toko, jasa angkutan dan usaha kecil seperti homestay, produk ekonomi kreatif, penggilingan jagung dan masih banyak lagi kegiatan ekonomi mikro lainnya.
           
Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bima Drs Sirajudin AP MM selaku Ketua Tim Penilai dalam arahannya menyampaikan rasa bangga atas sambutan meriah yang dilakukan seluruh elemen di Desa Labuhan Kananga.

Kata Andi, penyambutan warga desa Labuan kananga berbeda dengan desa-desa yang pernah di kunjunginya karena penyambutan di desa Labuhan Kananga memberi warna yang berbeda dan kekhasan tersendiri bagi para tim penilai lomba desa.

Dikatakannya, kehadiran Tim di lapangan bertujuan untuk melakukan evaluasi dan pembinaan beberapa aspek penting yaitu seperti tata kelola administrasi pemerintahan desa, pelayanan dasar di bidang kesehatan juga bidang pendidikan, inovasi desa, dan ekonomi kreatif, Kamtibmas dan beberapa indikator penilaian lainnya. (mbb01)