Ini Langkah Polisi Subsektor Soromandi Mencegah Kebakaran Hutan -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Ini Langkah Polisi Subsektor Soromandi Mencegah Kebakaran Hutan

Wednesday, August 14, 2019

Bima, mimbarNTB.com -- Musim kemarau menjadi salah satu faktor peluang terjadinya kebakaran hutan. Dalam rangka memilimalisir hal tersebut, Kepala Polisi Subsektor Soromandi IPDA Muhamad Sofyan melakukan pencegahan dengan cara melakukan patroli terpadu hingga sosialisasi kepada masyarakat. 
Patroli tersebut berlangsung pada Rabu tanggal 14 Agustus 2019 sekitar pukul 10.30 wita dan berakhir pada pukul 12.00 wita di lokasi dilahan tegalan milik masyarakat Desa Sampungu Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima. 

"Kegiatan dimaksud dalam rangka mencegah dan memberikan himbauan dan  pemahaman kepada masyarakat terkait adanya larangan pembakaran hutan dan lahan karena dapat mengganggu kerusakan hutan dan secara umum terhadap gangguan kamtibmas," jelas Kasubag Humas Polres Bima IPTU Hanafi melalui press rilis diterima mimbarNTB, Rabu 14 Agustus 2019.

Kata Hanafi, dalam kegiatan tersebut Kepala Polisi Subsektor Soromandi bersama anggotanya mengecek beberapa titik lahan yang pernah dibakar oleh masyarakat, namun dilokasi tersebut tidak terlihat adanya api yang menyala. 

Untuk itu Hanafi, mengimbau kepada warga masyarakat agar menjauhi niatmelakukan pembakaran hutan dan lahan dan sebaliknya bercocok tanam di musim penghujan.

"Saya mengajak seluruh masyarakat terutama warga yang bertempat tinggal dekat kawasan hutan atau kawasan / daerah yang mengalami kekeringan agar berhati-hati membuat puntung rokok api menyalakan api yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan maupun semak belukar mengingat saat ini memasuki musim kemarau dan kekeringan," harap sekaligus imbaunya. (DN