Tanam Mangrove, Kelompok Sinar Mentari Sukseskan Program Padat Karya  -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Tanam Mangrove, Kelompok Sinar Mentari Sukseskan Program Padat Karya 

Wednesday, December 23, 2020

BIMA, MIMBARNTB.COM -- Kelompok Sinar Mentari Desa Lewintana Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima berhasil menyukseskan program Padat Karya dalam penanaman pohon Mangrove tahun 2020.


Pasalnya kelompok Sinar Mentari yang diketuai oleh M Said akrab disapa Uba berhasil menanam ribuan pohon Mangrove dengan luas areal 35 Hektar di wilayah pesisir pantai pasir putih setempat tanpa ada kendala. 


Sementara tujuan program padat karya ini dalam melestarikan hutan dan ekosistem pantai agar tidak terjadi Abrasi. 

Ketua LSM Kipang NTB Budiman SH mengapresiasi atas kerja keras kelompok Sinar Mentari Desa Lewintana, menurut Budiman Pola tanam yang dilakukan oleh kelompok Sinar Mentari sukses dan patut dijadikan contoh.

Budiman mengatakan kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan oleh Kelompok Sinar Mentari ini tidak semata-mata mencari uang, akan tetapi kelompok ini sangat mencintai lingkungan serta menjaga mangrove agar tetap lestari.

"Pola tanam kelompok Sinar Mentari patut dicontoh bagi daerah lain. Program ini tidak hanya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, tetapi juga untuk melestarikan lingkungan dan ekosistem pantai di daerah ini," Ungkap Budiman Pada media ini,  Rabu 23/12/2020.

Ia pun mengajak masyarakat untuk terus melestarikan lingkungan dan ekosistem pantai untuk anak cucu kita kelak. 

Selain itu, dia mengimbau warga setempat agar kawasan hutan mangrove tersebut bisa terlihat indah dan menarik sehingga menjadi desnitasi wisata, maka dia sarankan untuk menjaga kebersihannya serta bebas dari sampah plastik. Karena manfaat pohon Mangrove dilestarikan untuk dijadikan habitat kembang biak udang, kepiting dan ikan.

Budiman menjelaskan, atas keberhasilan kelompok Lewintana itu, Rabu 23/12/2020 pagi Tim KPH bersama Babinsa dan Dan Ramil mengapresiasi penanaman pohon Mangrove Kelompok Lewintana Kecamatan Soromandi di Wilayah pesisir Pantai Pasir Putih Desa Lewintana patut dijadikan contoh atas keberhasilan masyarakat dengan pola penanaman ribuan pohon Mangrove dalam melestarikan lingkungan dan ekosistem pantai serta mengantisipasi terjadinya Abrasi di desa setempat.

Sementara kelompok Sinar Mentari dalam menyukseskan program padat Karya melibatkan 230 orang terdiri dari 150 pria dan 80 orang perwakilan Jender. 

Kelompok ini diketuai oleh M Said, Sekretaris Iksan Mahendra SPd, bendahara Syamsul. 

MB01/ADV