Bangunan Bandara SMS Bima Modern Dihiasi Ornamen Khas Bima -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Bangunan Bandara SMS Bima Modern Dihiasi Ornamen Khas Bima

Tuesday, February 23, 2021

Pembangunan terminal baru Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima terus digenjot. Bangunan modern ini disiapkan untuk menjadi penopang di tiga wilayah bagian timur yakni Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu

BIMA, MIMBARNTBCOM - Pembangunan terminal baru Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima terus digenjot. Bangunan modern ini disiapkan untuk menjadi penopang di tiga wilayah bagian timur yakni Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Dompu. 


Bangunan modern ini dihiasi ornamen khas Bima yaitu Uma Lengge yang mempunyai daya tarik sendiri bagi siapapun yang melihatnya karena ada nilai sejarah yang melekat didalamnya, tentang budaya Bima yang menempel pada bangunan tersebut. 

Kepala Bandara Sultan Muhammad Salahudin Bima I Kadek Yuli Satriawan SKom SSIT mengatakan, pembangunan infrastruktur ini adalah dalam rangka menyiapkan Bandara yang memiliki daya tampung penumpang yang lebih besar dalam mendukung pengembangan yaitu kemajuan Bandara.

"Dengan menggunakan sistem kearifan lokal tampak depan Uma lengge, desain terminal ini difasilitasi dengan penunjang yang memadai," jelas pria Kelahiran pulau Dewata itu.

Lebih lanjut, I Kadek Yuli Satriawan mengatakan ornamen khas Bima ini bercorak batik Bima yang menempel di bangunan terminal baru ini.

Gedung berlantai dua itu didukung dengan faslitas penunjang dengan interior motif yang berbeda beda, hampir di seluruh ruangan gedung terminal ini. Seperti di lantai satu gedung yakni ruangan check-in, ruangan kedatangan penumpang dan kegiatan VIP. Sementara di lantai dua gedung yaitu ruangan keberangkatan ada lift dan ruangan kantor.

"Pembangunan terminal ini kita dapat penghargaan dari Kemenhub segala spesifikasi pembangunan dan kelola anggaran, termaksud yang baik salah satunya bandara Bima," kata Kadek.

Dikatakannya, setelah rampung pembangunan ini, ia merencanakan akan membangun tempat parkir, ruangan VVIP, eskalator dan gedung Cargo, serta gedung kantor.

"Kami pastikan bulan April tahun 2021 ini terminal sudah bisa dipakai, mudah mudahan tidak ada kendala akibat Covid ini," terang Kadek, Selasa (23/02/21).

Lelaki dikenal bapak pembangunan ini mengajak partisipasi semua pihak agar bahu membahu membangun dan memajukan. Dengan demikian secara otomatis tingkat partisipasi pengunjung yang datang ke Bima semakin meningkat sehingga sektor wisata menjadi maju dan pariwisata menjadi lokomotif pembangunan daerah. 

"Mudah mudahan progres untuk ini semuanya dimudahkan tidak ada kendala, hanya saja pandemi ini yang membuat terkendala," tutupnya.

*MB01*