Mengiris Hati melihat Dam Dadi di Bima Terbuat dari Batang Kayu -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Mengiris Hati melihat Dam Dadi di Bima Terbuat dari Batang Kayu

Wednesday, May 26, 2021

Masyarakat melakukan kegiatan gotong royong menyusun batang kayu dan tanah yang telah dimasukkan ke dalam karung hingga bentuk Dam. Kegiatan ini rutin dilakukan, supaya sawah mereka bisa mendapatkan pasokan air.

BIMAMIMBARNTB.COM -- Di Kecamatan Monta, Desa Simpasai adalah salah satu desa penghasil padi terbanyak di Kabupaten Bima. Masyarakat setempat pun 90 porsen berprofesi sebagai petani padi. Namun, sistim irigasi seperti Dam yang dibutuhkan oleh petani jauh dari perhatian pemerintah. 


Mengiris hati bila melihat Dam Dadi (Raba Dadi) yang terletak di Desa Pela sebagai irigasi vital yang mengairi ratusan hektar sawah yang sudah puluhan tahun tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah terkait. 

Dam Dadi (Raba Dadi) sejak jaman tidak enak hingga sekarang masih menggunakan alat seadanya yaitu batang kayu dan tanah yang dimasukan dalam karung disusun petani setempat hingga bisa menampung air yang hanya bertahan satu sampai dua pekan saja, kemudian mengalami kerusakan. 

Setiap musim hujan tiba, Dam Dadi (Raba Dadi) sangat rentan diterjang Banjir sehingga menyebabkan sawah-sawah para petani tidak diairi air sampai  berminggu - minggu.

Petani mengharapkan perhatian serius pemerintah agar membangun Bendungan atau Dam sebagai konstruksi yang salah fungsinya untuk menahan laju air yang digunakan untuk mengalirkan air ke sawah-sawah mereka. Tujuannya untuk mempermudah para petani bercocok tanam. 

*MB01*