Warga Tolak Pengeboran Dalam di Desa Tambe  -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Warga Tolak Pengeboran Dalam di Desa Tambe 

Tuesday, May 25, 2021

BIMAMIMBARNTB.COM -- Warga Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Selasa (25/5/2021) melakukan aksi blokade jalan lintas Bolo - Dompu. Aksi tersebut Sebagai bentuk ekspresi penolakan warga terhadap rencana pemerintah yang akan melakukan pengeboran dalam di Desa Tambe. 


Warga setempat menolak karena khawatir akan berdampak buruk bagi kebutuhan air warga dan kebutuhan pertanian yaitu menyebabkan terjadinya kekeringan bila pengeboran dalam menggunakan mesin Canada.

Cimen sapaan akrabnya Bahri mengatakan, rencana pemerintah yang akan melakukan pengeboran dalam dengan menggunakan mesin Canada karena Desa Tambe akan dijadikan tempat dibangunnya rumah relokasi bagi warga yang terdampak banjir awal tahun 2021 lalu. 

"Ada beberapa pilihan solusi yang ditawarkan warga yakni tolak bor dalam (canada) dan tawaran solusinya dari kita yaitu 1. Bor dangkal, 2. Pasang pipanisasi ke bor canada di lokasi watasan Rasabou, dan 3. Menggali sumur untuk memasang mesin sanyo," ungkap mantan Ketua HMI MPO Cabang Bima. 

Sementara Kepala Dinas Perkim Kabupaten Bima, Taufik, ST.,MTmengatakan pihaknya tidak akan melakukan kegiatan pengeboran bila belum mendapatkan ijin dan dipersilahkan oleh warga. 

"Pengeboran tidak akan dilakukan bila belum ada kesepakatan dari warga," kata Taufik saat menemui langsung warga yang melakukan aksi unjuk rasa. 

*MB01*