Wali Kota Bima Mendukung Kegiatan Merdeka Export di Bali  -->
Cari Berita

Sekda Kota Bima

Sekwan Kota Bima

 


Free Space 970 X 90px

Wali Kota Bima Mendukung Kegiatan Merdeka Export di Bali 

Wednesday, July 14, 2021

BIMAMIMBARNTB.COM -- Kamis (15/7/2021) pagi, Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi, SE (HML) didampingi Kepala Dinas Pertanian Kota Bima Sulistiyanto menerima kunjungan Team dari Karantina Pertanian Pusat.


Kehadiran Tim Karantina Pertanian Pusat ini dalam rangka menyampaikan pesan dari Bapak Menteri Pertanian Republik Indonesia terkait Rencana Kegiatan MERDEKA EXPORT di Bali.

Tim Karantina Pusat menyampaikan Agar Kota Bima dapat ikut serta dalam Pelaksanaan Merdeka Eksport  2021 yang diagendakan pada tanggal 19 Agustus 2021 di Denpasar, Bali direncanakan akan dilakukan secara offline dan dibuka oleh Presiden RI.

Hal ini bertujuan meningkatkan ekspor pertanian, dengan inisiasi melalui Kementerian Pertanian menggunakan aplikasi peta potensi komoditas ekspor pertanian atau IMACE (Indonesia Maps of Agricultural Export)

Aplikasi IMACE dapat memberikan data dan informasi terkait negara tujuan, pelaku usaha dan informasi terkait persyaratan dan prosedur ekspor serta sentra komoditas pertanian berorientasi ekspor dari masing-masing daerah.

Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) yang dikonfirmasi Media Online Bimantika Kamis (15/7/2021) menyebutkan  kesiapannya untuk mengikuti kegiatan Merdeka Export di Bali.

"Pada prinsipnya Pemkot Bima mendukung dan mensukseskan Merdeka Ekspor 2021 serta pelepasan ekspor pertanian karena ini adalah langkah maju untuk sebuah perubahan di era pandemi Covid-19," ujar HML.

Mantan Anggota DPR RI 2 Periode ini mengatakan kegiatan Merdeka Export akan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah Pandemi Covid-19.

"Ini tentunya sangat membantu perekonomian bangsa yang sedang dilanda pandemi Covid-29 dengan ikut serta melakukan ekspor produk dan hasil tani rakyat Indonesia umumnya dan Kota Bima khususnya," ujar HML.

Kepala Dinas Pertanian Kota Bima, Sulistiyanto mengungkapkan bahwa pagi ini mengantarkan Kepala Kekarantinaan Badas Untuk menemui Walikota Bima.

Menurutnya Kegiatan Merdeka Export ini adalah dalam rangka pemetaan komoditas unggulan hasil tani di masing-masing daerah.

"Kalau kita di Kota Bima komoditas Unggulannya adalah Jagung dan jambu Mette dan sorgum ini akan kita wacanakan dalam Merdeka Export di Bali," ujarnya.

Lebih lanjutnya Merdeka Export inj adalah sebuah kegiatan khusus dalam rangka Gerakan Tiga Kali Lipat Eksport Pertanian dalam rangka pemulihan ekonomi tiap-tiap daerah di era wabah Pandemi Covid-19.

"Pak Walikota Insya Allah menyambut baik kegiatan ini dan tentunya kegiatan ini akan berdampak positif bagi masyarakat Kota Bima ditengah arus pandemi Covid-19," ujarnya menutup wawancara. 

(MB01