Kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Peternakan & Kesehatan Hewan -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Peternakan & Kesehatan Hewan

Tuesday, October 19, 2021


KOTA BIMAMIMBARNTB.COM - Balai Pembibitan Ternak Unggul dan hijau pakan ternak Denpasar bekerja sama dengan Kementerian Pertanian menggelar kegiatan "Bimbingan teknis Manajemen Peternak dan kesehatan hewan" di Aula Hotel Mutmainah, Jalan Gajahmada No 8 Kelurahan Penaraga, Kota Bima, Rabu (19/10/2021).


Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengentaskan kemiskinan melalui peningkatan kemampuan peternak dan pelaku usaha peternak lainnya di era pandemi Covid 19. BPTU-HPT Denpasar selaku UPT dibawah naungan Kementerian Pertanian melaksanakan kegiatan Bimbingan Tehnik Manajemen Peternakan dan Kesehatan Hewan.


Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Khairul Anwar, M.Si, Kepala BPTU-HPT Dr. M. Imran, S.Pt M.Si, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bima, Syaifuddin, S.Pt, Panitia Penyelenggara Bimtek serta 49 peserta turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Syaifuddin dalam sambutannya menyampaikan, untuk mewujudkan tujuan pembangunan pertanian tentu membutuhkan bantuan dan dukungan dari penyuluh dan yang menjadi parameter keberhasilan utama dari penyuluh pertanian adalah peningkatan produktivitas di wilayah binaan masing-masing. Penyuluh adalah agen perubahan petani untuk mendorong petani untuk mengimplementasikan teknologi serta menuju pertanian yang maju, mandiri dan modern.

Imran selaku Pemateri menyampaikan, pentingnya menjaga dan merawat Pembibitan Hewan ternak,  Manajemen Pemeliharaan Ternak, Bibit, Pakan dan perawatan, Pengukuran penampilan reproduksi penampilan fisik dan struktur tubuh, semuanya diperhatikan.

Masalah utama yang harus diperhatikan seperti rendahnya produktivitas dan kualitas genetik ternak disebabkan cara beternak konvensional, pola usaha sambilan, penggunaan IPTEK masih rendah, pakan rendah, obat terbatas, kurangnya monitoring reproduksi dan kesehatan tidak stabil, sistem budidaya yang belum terencana dan "integrated" penurunan genetik.

Lebih lanjut Imran menyampaikan, upaya peningkatan produktivitas ada tiga poin yakni Manajemen, Feeding, Brending. Semuanya itu dijalankan dengan perhatian yang sama besar sehingga menghasilkan Produktivitas yang meningkat.

"Pola Pemeliharaannya juga harus di Padang penggembalaan dan dikandangkan," kata Imran.

Tambahnya, Tipe kandang ada dua jenis, yakni kandang individu dan kandang kelompok. Tata laksana kandang, seperti Kandang pembibitan dan kandang beranak, Kandang pembesaran, kandang penggemukan.

Tipe kandangnya, penyediaan pakan dan jenis-jenis rumput berkualitas, seperti rumput Odot, mulato, Janzibar, Biograss dan Rumput Gajah.

*MB/Zal*