Puskesmas Parado: Yuk Imunisasi Agar Kebal Terhadap Suatu Penyakit -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Puskesmas Parado: Yuk Imunisasi Agar Kebal Terhadap Suatu Penyakit

Saturday, October 9, 2021

Gedung Puskesmas Parado. Dok. Zal/mimbarntb.

BIMAMIMBARNTB.COM - Imunisasi adalah proses untuk membuat seseorang antibodi atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Puskesmas Parado, H. Abdul Salam, S.Kep. 

Abdul Salam menjelaskan, imunisasi bertujuan untuk membangun kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu penyakit, dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu. Agar antibodi tersebut terbentuk dan bertahan dari berbagai serangan Penyakit.

"Perlu diketahui bahwa imunisasi memang tidak memberikan perlindungan 100 persen pada tubuh manusia. Hal itu bukan berarti imunisasi dan suntikan vaksin tersebut gagal, tetapi karena memang perlindungan imunisasi sekitar 80-95 persen menjaga ketahanan dalam tubuh manusia," ungkap Abdul Salam pada mimbarntb, Sabtu (9/10/2021).

Lebih lanjut Abdul Salam menjelaskan bahwa imunisasi juga tergantung jenis penyakit yang hendak dicegah Seperti, Hepatitis A, Hepatitis B, BCG, Polio dan lain-lain semuanya adalah bagian dari Pencegahan dan serangan penularan termasuk pencegahan penularan Covid 19

"Hepatitis A, merupakan penyakit peradangan hati yang disebabkan oleh infeksi virus,
Hepatitis B, merupakan Pencegahan infeksi hati serius, yang disebabkan oleh virus," bebernya.

Kata dia BCG juga suatu pencegahan penyakit infeksi serius yang umumnya menyerang paru-paru sementara Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Pada kasus yang paling parah, polio juga dapat menimbulkan keluhan sesak napas, kelumpuhan, hingga kematian.

"Sebelum semuanya terlambat kami mengajak seluruh masyarakat kabupaten Bima lebih khusus masyarakat di kecamatan Parado untuk selalu menjaga kebersihan dan melakukan imunisasi agar terhindar dari penularan  covid 19," ajakan Abdul Salam.

"Langkah-langkah tersebut adalah bagian dari pencegahan kita untuk sama -sama selamatkan generasi bangsa, somoga pandemi juga cepat berlalu dan kita semua bisa beraktifitas seperti semula Sebelum adanya Pandemi covid 19, ajaknya," tambahnya.

*MB/Zal*