Walikota Bima Meluncurkan Aplikasi Si-Bina Rumah Gagasan A.Faruk -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Walikota Bima Meluncurkan Aplikasi Si-Bina Rumah Gagasan A.Faruk

Tuesday, December 7, 2021

(Kiri) Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (Kanan) Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman A. Faruk S,ST.Par, M.Si.

KOTA BIMAMIMBARNTB.COM - Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE meluncurkan Aplikasi Si-Bina Rumah yang digagas oleh Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman A. Faruk S,ST.Par, M.Si sebagai produk inovasi Aksi Perubahan Pada Diklat Kepemimpinan Administrator Angkatan VII pada pusat pengembangan sumber daya manusia Kementerian dalam Negeri regional Makassar.


Gagasan aplikasi Si- Bina Rumah menjadi solusi bagi penataan administrasi Perumahan dan pertanahan yang selama ini masih bersifat Manual dan konvensional, sehingga potensi kerusakan data sangat tinggi dan sulit untuk menemukan kembali arsip data yang dibutuhkan, maka digitalisasi data dan informasi adalah solusi efektif bagi  peningkatan kualitas pelayanan masyarakat dan optimalisasi kinerja organisasi pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dapat terwujud.

Aplikasi Si-Bina Rumah searah dengan visi besar Walikota Bima yang telah Mencanangkan Kota Bima dengan konsep Smart City, salah satunya dengan menerapkan e-government sebagai suatu upaya perbaikan sistem penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan tekhnologi informasi dan komunikasi. 

Walikota Bima mengucapkan terima kasih atas sumbangsih ide dan pemikiranya serta mendorong ASN di Lingkup Pemerintah Kota Bima untuk lebih inovatif dan kontributif dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai pelayan masyarakat. 

Sementara Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indra Wirawan, S.Adm mendukung penuh bagi suksesnya implementasi Aplikasi Si- Bina Rumah selama itu untuk perbaikan Kinerja Aparatur Pemerintah Kota Bima.
(Kanan) Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman A. Faruk S,ST.Par, M.Si (Kiri) Ketua DPRD Kota Bima Alfian Indra Wirawan, S.Adm.


"Saya sebagai pimpinan DPRD siap mengamankan apapun yang menjadi program Walikota terpilih, semoga inovasi ini menjadi role model bagi OPD lain," ungkapnya.

Sejalan dengan Sikap Walikota dan Ketua DPRD Kota Bima, Sekretaris Daerah Kota Bima Drs. H.Muhtar Landa menyambut baik hadirnya Aplikasi Si- Bina Rumah dan mendukung penuh pengembangan aplikasi ini agar lebih disempurnakan baik software dan hardwarenya, dan terkoneksi dengan commond center, sehingga penyelenggaran tugas pemerintahan menjadi lebih baik, efektif dan efisien serta kinerja ASN lebih terukur.

Namun Kepala Dinas Perkim Kota Bima Ir Supawarman pada media mengatakan, Aplikasi Si –Bina Rumah ini bertujuan untuk mendesain sebuah sistem aplikasi berisikan fitur-fitur informasi tentang pembangunan dan pengembangan perumahan secara terarah, terpadu, serasi, seimbang dan berkelanjutan di Kota Bima. 

"Saya selaku kadis DPKP sekaligus Mentor bagi reformer yakin dan percaya bahwa aplikasi ini akan mampu mengurai benang kusut pada urusan RTLH baik dari program BSPS, DAK dan DAU,  begitupun juga urusan pertanahan, baik pendaftaran dan permohonan pengadaan tanah, prosedure pengadaan dan pengamanan asset tanah hasil pengadaan DPKP kota Bima," bebernya.

Sementara Reformer A. Faruk S,ST, Par.,M.Si mengatakan Aplikasi Si-Bina Rumah berangkat dari keprihatinan pribadinya terhadap system informasi dan adminitrasi pelayanan yang masih menggunakan metode konvensional, face to face, sehingga tendency personal interest dalam pengambilan kebijakan terkait penanganan RTLH dan Pertanahan yang menjadi Tusi Dinas DPKP terkadang tidak bisa dihindari, dengan digitalisasi pelayanan maka masyarakat yang ingin mendapat pelayanan Bedah Rumah, mendaftar Tinggal di RUSUNAWA dan NSD ( New Side Development) bisa dilakukan secara online, biarkan system yang akan menyeleksi administrasi pendaftaran, Begitupun masalah Pengadaan tanah dan pengamanan asset Tanah Pemerintah. Kalau sebelumnya pihaknya kesulitan mengakses data dan informasi pengadaan dan pengamanan asset Tanah Pemerintah Kota Bima, sekarang cukup 5 menit maka seluruh data yang dibutuhkan akan terakses secara akurat. 

“Informasi-informasi tersebut dapat diakses secara bebas oleh publik atau masyarakat dengan melalui jaringan internet,” katanya.

Dikatakannya, selama ini masalah yang diangkat oleh reformer memiliki urgensi dan perlu mendapat solusi dan terarah. Hal ini juga merupakan bagian pemenuhan indikator kinerja utama dinas, yaitu penanganan rumah tidak layak huni (RTLH) serta masalah kawasan pemukiman atau pertanahan yang terkoneksi di command center.

"Dengan adanya aplikasi Si Bina Rumah diharapkan dapat meminimalisir tingkat risiko penyelenggaraan dalam tugas baik dalam aspek administratif, politis maupun hukum," katanya.

Menurut mantan Lurah Pane ini, aplikasi Si Bina Rumah memberikan kemudahan kepada masyarakat. Bila masyarakat ingin mendaftarkan diri menimpati rumah tinggal layak huni maupun di Rusun, tinggal daftar secara online di aplikasi ini. Tinggal di klik www.Sibinarumah.bimakota.go.id lewat RTnya masing-masing. Dengan catatan semua persyaratan harus lengkap.

Faruk pun mengucapkan banyak terimakasih kepada Wali Kota Bima H.M. Lutfi ,SE yang sudah bersedia meluncurkan Aplikasi Si Bina Rumah di Command Center pada Sabtu, 4/12 kemarin. Ia pun sampaikan ucapan yang sama pada Pimpinan DPRD, Sekda, Kadis Kominfo, Kadis DPKP, Kepala Cabang Bank NTB syariah yang telah memberikan dukungan moril dan materil pada suksesnya kegiatan yang dimaksud.

(RED)