Aji Lutfi: Peran aktif RT,RW Sangat Signifikan dalam Pembangunan Kota Bima -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Aji Lutfi: Peran aktif RT,RW Sangat Signifikan dalam Pembangunan Kota Bima

Tuesday, January 18, 2022


BIMAMIMBARNTB.COM - Pelantikan RT, RW dan LPM Kelurahan Jatiwangi, Kecamatan Asakota, Kota Bima, Selasa (18/1/2022) dihadiri oleh Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi. 


Kehadiran Aji Lutfi sapaan akrab H. Muhammad Lutfi ini memupuk semangat Ketua - ketua RT, RW dan Ketua LPM terpilih.

Dalam pidato singkatnya Aji Lutfi menyampaikan apresiasi pada seluruh Ketua RT, RW dan LPM karena terpilih melalui proses demokratisasi tingkat kelurahan.

Mantan anggota DPR RI 2 periode itu mengatakan, bahwa keberadaan RT dan RW adalah merupakan perangkat pemerintah yang berada di tingkat kelurahan. 

"Peranan RT dan RW sangat signifikan dalam mensukseskan segala bentuk program pemerintahan Kota Bima," ungkap mantan aktifis 98 itu.

Selanjutnya kata Aji Lutfi, bahwa pentingnya peranan RT dan RW dalam perangkat kelurahan adalah sangatlah urgen sehingga ia berharap partisipasi aktif Ketua RT dan RW dalam membangun bersama-sama Kota Bima.

Dikatakannya, dengan adanya HP android yang dibagi oleh Pemerintah Kota Bima sebagai sarana dan fasilitas penunjang mempercepat proses pelaporan E-Lapor di Command Centre.

"Salah satu fungsi HP android yang terkoneksi dengan Command Center Kota Bima, Ketua RT bisa langsung bikin laporan yang tentunya dinas terkait bisa secara cepat tangani," ungkap Aji Lutfi.

Aji Lutfi pun mencontohkan ketika ada salah satu RT di Jatiwangi yang melihat rumah tidak layak Huni, lalu Ketua RT mendokumentasi dan bikin laporan E-Lapor lewat Aplikasi Command Centre maka dinas terkait akan menindaklanjutinya dengan langsung lokasi yang dilaporkan sesuai yang dilaporkan.

"Ada drainase rusah, dan laporan lainnya oleh Ketua RT, maka dengan cepat OPD terkait akan menangani laporan langsung Ketua RT tersebut," demikian simulasi yang disampaikan oleh orang nomor satu di Kota Bima ini. 

(Red)