Kunjungan Perdana Kapolda NTB di Kota Bima & Juga Sempat Diri Silaturahmi dengan Pejabat Pemkot Bima -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Kunjungan Perdana Kapolda NTB di Kota Bima & Juga Sempat Diri Silaturahmi dengan Pejabat Pemkot Bima

Saturday, January 22, 2022


BIMAMIMBARNTB.COM - Kunjungan Perdana Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Drs. Djoko Purwanto di Kabupaten Dompu, Kota Bima dan Kabupaten Bima pada tanggal 20 Januari 2022 sampai dengan tanggal 22 Januari 2022 berlangsung lancar dan penuh keakraban. Di harai pertama kedatangan Kapolda NTB, Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE berkesempatan hadir melakukan penjemputan di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima bersama Bupati Bima, Kapolres Bima Kota, Kapolres Bima dan unsur FKPD Kota dan Kabuapten Bima.


Mengawali Kunjungan Perdana di Kota Bima pada Jum'at 21 Januari 2022, Kapolda NTB melakukan Gedung Sat Lantas Mako Polres Bima Kota dan menghadiri Silaturahmi  Bersama Pejabat Pemerintah Lingkup Kota Bima. Turut hadir Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, Kapolres Bima Kota, Ketua Pengadilan Negeri Bima, dan Kepala BNN Kabupaten Bima.


Ucapan selamat datang mengawali laporan dari Kapolres Bima Kota kepada rombongan Kapolda NTB yang mau menyempatkan diri untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dan pejabat Kota Bima. Beliau juga mengungkapkan bahwa situasi kamtibmas di Kota Bima saat ini aman terkendali meski dengan keterbatasan sumber daya manusia namun tak menyurutkan semangat dari para prajurit tangguh kepolisian dalam mengabdikan diri kepada masyarakat.


"Hal tersebut bukan halangan sebagai bhayangkara yang tangguh harus siap segala medan dan bersinergi, bagaimana memelihara kamtibmas. Untuk itu kami mohon kepada bapak Kapolda untuk meresmikan Gedung Sat Reskrim ini yang memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Polri yg presisi dan berintegrasi memperoleh kepercayaan masyarakat, bermahkotakan keadilan dan manfaat serta memberikan rasa aman kepada masyarakat di wilayah Kota Bima," ungkap Kapolres Bima Kota.


Di kali pertamanya menginjakkan kaki di Kota Bima sebagai Kapolda NTB, diakuinya sebagai langkah yang tepat setelah melihat keindahan Kota Bima yang dijuluki sebagai Kota Tepian Air. Begitu pula dengan semangat masyarakat dan prajuritnya yang ditandai dengan diresmikannya Gedung Sat Reskrim tersebut yang berarti bahwa Kepolisian Bima Kota serius dan tegas dalam menindak kriminalitas dan pengaduan masyarakat.


"Harapan saya, jadikan bangunan itu merupakan wujud ibadah rekan-rekan. Reserse punya kewenangan yang besar, namun jadikan pekerjaan itu sebuah kemanfaatan dan bentuk pengabdian yang besar," Harapnya.


Sebelum meresmikannya, arahan terakhir disampaikan oleh Kapolda NTB yang mengingatkan kepada setiap penyidik yang ada untuk melakukan tugas dan tanggungjawabnya dengan sepenuh hati dan berlandaskan ilmu yang telah teruji melalui sertifikasi penyidik. 


"Kedepannya teman-teman penyidik harus ingat untuk memenuhi syarat sebagai penyidik harus memiliki sertifikasi penyidik seperti hang tertuang dalam PP 58 Tahun 2010. Harus mengasah diri dalam melakukan tindak pidana, tidak semata melaksanakannya, namun kemanfaatan berkeadilan dijadikan faktor yang utama," tutup Kapolda sekaligus meresmikan gedung Sat Reskrim Mako Polres Bima Kota.


Beranjak dari peresmian tersebut, Kapolda NTB bertandang memenuhi jamuan dan silaturahmi yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Bima. Sebagai bentuk silaturahmi seluruh jajaran pejabat lingkup pemerintah Kota Bima seperti Sekretaris Daerah beserta jajaran, Kepala OPD, serta Kepala Camat/Lurah Se-Kota Bima, Kepala Instansi Vertikal, BUMN/BUMD serra tokoh agama, tokoh masyarakat dan pimpinan organisasi pemuda di Kota Bima menghadiri jamuan dan silaturahmi yang hangat tersebut.


Sebagai tuan rumah, Wali Kota Bima mengucapkan rasa terima kasihnya atas kerelaan Kapolda NTB beserta rombongan yang telah hadir pada kesempatan tersebut. Dengan setiap arahan dan masukan yang diberikan oleh Kapolda NTB, mampu memberikan kebermanfaatan bagi setiap yang mendengar.


"Merupakan suatu kehormatan mendapatkan kunjungan dari kapolda NTB dan memberikan arahan-arahan yang insya Allah bermanfaat bagi kita semua. Dengan dasar itu kami mengundang seluruh FKPD yang ada sehingga banyak hal yang dapat kita petik bersama," Ramah Wali Kota Bima menyampaikan.


Diceritakannya oleh Wali Kota Bima bahwa kepemimpinan Kepala Daerah saat ini merupakan sebuah amanah yang sangat besar dan sulit, sebab dengan diterpa oleh pandemi Covid-19 menjadikan rintangan dan tantangan bagi pemerintah di setiap daerah di Indonesia begitu besar. Namun dengan sinergitas yang sangat baik diantara tiga pilar TNI, Polri, dan pemerintah membuat segalanya dapat dihadapi dan dilalui dengan baik. Dengan upaya dan kerja keras tersebut menghantarkan Kota Bima memperoleh penghargaan Peringkat Ketiga Nasional sebagai Kota dengan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik. Selain itu pula gebrakan-gebrakan begitu banyak ditorehkan oleh TNI Polri dalam memberantas peredaran miras, narkoba dan kriminalitas lainnya sehingga tingkat kriminalitas di Kota Bima menurun.


"Selaku Kepala Daerah, hampir segala hal telah dilewati dan di alami. Tindak tegas akan perilaku KKN kita lakukan sebaik-baiknya. Itulah mengapa kita memperoleh predikat sebagai Kota dengan Tingkat Kepatuhan pelayanan publik berada di zona hijau dan peringkat ke III nasional. Tentu saja hal ini dapat diperoleh dengan dibantu Kapolres Dandim dan Kejaksaan, memberikan suatu harapan kepada kita untuk menuju lebih baik. Kapolres yang sangat gencar akan pemberantasan miras, narkoba dan kriminalitas lainnya sehingga persentasenya mampu untuk turun," dengan bangga beliau menjabarkan.


Diakhir sambutannya Wali Kota Bima mengharapkan dengan kehadiran Kapolda NTB mampu memberikan contoh baik kepada setiap pejabat dan masyarakat yang melihat tentang sinergitas positif yang dibangun.


"Semoga membawa atmosfir yang positif bagi masyarakat, sinergitas antara setiap pihak semakin baik kedepannya. Sehingga stabilitas daerah kita semakin aman dan nyaman bagi investor dan para pendatang," ungkapnya.


Selanjutnya pada gilirannya Kapolda NTB merasa tersanjung akan sambutan yang begitu hangat dari pemerintah Kota Bima. Dengan mengemban amanah yang begitu besar, beliau berharap untuk bisa berkontribusi dan bersinergi demi kemajuan NTB tak terkecuali Kota Bima.


"Amanah yang saya dapatkan harus dipertanggungjawabkan dengan ibadah bersama-sama menjadikan Bima Kota lebih baik dari segala aspek yang dikatakan oleh bapak Wali Kota Bima," tandasnya.


Tak lupa beliau turut menitipkan jajarannya yakni Kapolres Bima Kota untuk menjadi sebuah keluarga yang dimana memiliki arti nilai persaudaraan yang kuat dan erat. Dengan demikian segala tantangan dan permasalahan yang akan dihadapi mampu untuk diatasi bersama dengan mengedepankan nilai nilai kekeluargaan.


"Mohon juga polres dan lainnya diterima sebagai keluarga besar karena kami TNI-Polri terdoktrin sejak lama, dimana pun bekerja tolonglah menjadi keluarga dimana pun kita berada. Kami siap melayanai masyarakat dengan sepenuh hati kami dan bersinergi bersama," tegas Kapolda NTB menutup arahannya serta dilanjutkan dengan perjamuan sederhana bersama dengan seluruh pejabat lingkup Kota Bima.

(Red)