Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 Tingkat Kota Bima -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 Tingkat Kota Bima

Monday, May 23, 2022


KOTA BIMAMIMBARNTB.COM - Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ini adalah momentum yang menandai bahwa Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) telah membersamai proses pembangunan pemerintah sejak 50 tahun lamanya. Dengan memfokuskan pada lingkungan terkecil dan terdekat manusia yakni keluarga, TP PKK melakukan berbagai pendekatan dan pemberdayaan guna menumbuhkembangkan peran serta keluarga dalam mendukung program pemerintah.


Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kota Bima Hj Elly Alwaini mengungkapkan rasa bangganya bisa berada di tengah organisasi yang begitu bersemangat untuk mengabdikan diri kepada masyarakat. Lewat kesempatannya, beliau menginginkan gerakan PKK kembali menggaungkan semangatnya untuk memberdayakan keluarga sebagai salah satu support system terpenting dalam bermasyarakat.

"Saya menginginkan gerakan PKK kembali kepada jalurnya yakni gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Artinya keluarga menjadi fokus perhatian harus diberdayakan karena apabila unit terkecil masyarakat yaitu keluarga bisa diberdayakan, maka gerak PKK berpotensi memberdayakan gerak masyarakat secara keseluruhan," tuturnya.

Selanjutnya, menyinggung tema Hari Kesatuan Gerak PKK yaitu "Berbakti Untuk Bangsa Berbakti Untuk Sesama", Ketua PKK mengharapkan agar dapat dimaknai dengan sungguh-sungguh, melekat hingga hati segenap tim, sehingga pada proses pengimplementasiannya selalu senantiasa ikhlas berjuang demi pemberdayaan keluarga.

"Tema ini harus melekat dalam hati sanubari keluarga besar gerak PKK, harus menjadi tekad bahwa ingin mendedikasikan semua pengabdian dalam ikut serta memajukan serta mensejahterakan masyarakat," harapnya.

Tidak sampai disitu, beliau turut menekankan bahwa perjalanan panjang Tim Penggerak PKK tidak akan dapat sampai hingga pada saat ini jika bukan atas kerjasama berbagai pihak. Bersinergi dan koordinasi menjadi kunci keselarasan antara TP PKK dengan pemerintah. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa TP PKK dianggap sebagai mitra Pemerintah dalam pengabdian kepada masyarakat.

"Keselarasan gerak dengan kebijakan pemerintah menjadi modal baik, saya harap momentum ini menjadi titik tolak untuk memompa semangat pembaruan kita dalam pengembangan daya kreasi dan kreatifitas," lugas Ketua TP PKK.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Ketua TP PKK mengajak seluruh peserta yang hadir khususnya anggota Tim Penggerak PKK untuk selalu mengamalkan dan mengimplementasikan dua nilai utama dalam organisasi Tim Penggerak PKK yakni; 1) Jiwa kerelawan gerakan PKK menjadi dasar bakti PKK untuk bangsa, dan 2) Berbagi untuk sesama dan saling membantu merupakan inti program kerja PKK.

"Saya mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk memberikan bimbingan pembinaan dan fasilitasi yg berkelunjutan kepada kader PKK termasuk kader dasawisma. Karena pada merekalah semangat kita akan terus mengalir," semangat Ketua TP PKK mengarahkan. 

(Red)