STQ ke 28 Tingkat Desa Sakuru Dibuka Secara Resmi Oleh Plt Camat Monta -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

STQ ke 28 Tingkat Desa Sakuru Dibuka Secara Resmi Oleh Plt Camat Monta

Tuesday, August 9, 2022

STQ ke 28 Tingkat Desa Sakuru Dibuka Secara Resmi Oleh Plt Camat Monta. 

BIMAMIMBARNTB.COM -- Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-28 Tingkat Desa Sakuru Kecamatan Monta Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat yang dihelat di Masjid Besar At-taqwa, Selasa (9/8/2022) Malam dibuka secara resmi oleh Plt Camat Monta. 


Kepala KUA Kecamatan Monta Sumardan Usman, SH, Kepala Desa Sakuru, Ketua BPD dan Anggota, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan para tokoh masyarakat serta undangan lainnya turut hadir pada malam pelaksanaan pembukaan STQ tersebut. 

Kades Sakuru Soeharto, S.Pd berpesan dengan adanya pelaksanaan STQ ini agar dimaknai sebagai media dan sarana untuk meningkatkan kualitas pemahaman, penghayatan dan pengamalan terhadap isi kandungan Al-Quran.

“Pahami serta amalkan isi kandungan Al Quran, dan jangan hanya saat berlangsungnya STQ saja, tapi juga pengajian setiap acara khitanan dll dan hari-hari selanjutnya di rumah harus diterapkan,” harapan Kades.

Sebelumnya Tambah Soeharto, telah dilaksanakan pawai taaruf yang dimulai dari Sekolah Menengah Pertama Negri (SMPN) 4 Monta sampai ke garis finis halaman Masjid besar At-Taqwa.

"Pawai tersebut untuk memeriahkan STQ malam ini dan diikuti oleh ratusan peserta dari siswa SMPN 4 Monta dan berbagai unsur dari desa," jelasnya.

Melalui kegiatan seperti ini Soeharto berharap semoga kampung menjadi berkah. 

“Keluarga kita menjadi keluarga yang lindungi oleh Allah SWT, berkat membumikan dan mengamalkan Al Quran,” harap Kades yang suka mengaji ini.

Sementara Plt. Camat Monta Abubakar, S.Sos menyampaikan kegiatan ini merupakan sebuah capaian yang luar biasa dimana dalam kurun waktu tersebut telah lahir insan Qur'an yang secara estafet meneruskan warisan para pendahulu dalam membumikan alqur'an.

"Sakuru banyak diberkahi SDM qori dan qoriah qur,ani, ini sebuah kenyataan yang harus kita syukuri dengan penuh kesadaran," ucapnya.

Oleh karena itu sebutnya, STQ diselenggarakan memiliki makna yang strategis, selain syarat dengan sejarah panjang yang memiliki nilai-nilai kearifan lokal, Sakuru merupakan wilayah islam yang memiliki peradaban tinggi dalam mengembangkan islam yang rahmatan lil alamin.

"Untuk itu, saya berharap kita semua dapat merawat dan membumikan spirit islam rahmah dan damai melalui spirt membumikan Al Qur'an berkelanjutan," tutupnya.

Usai memberikan kata sambutan, Plt. Camat Monta kemudian secara resmi membuka STQ ke-28 tinggkat Desa Sakuru. Acara kemudian dilanjutkan dengan kasida rebana. 

(red)