Jaga Stabilitas Harga Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima Gelar Bazar -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Jaga Stabilitas Harga Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima Gelar Bazar

Friday, September 9, 2022

Jaga Stabilitas Harga Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima Gelar Bazar. 

KOTA BIMAMIMBARNTB.COM -- Sebagai bentuk sinergi bersama dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga bahan pangan di Kota Bima Dinas Ketahanan pangan menggelar kegiatan bazar pangan murah atau pasar murah sekaligus launching beras cadangan pangan pemerintah (BCPP) Rabu 07 September 2022 di halaman kantor Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima.


Walikota Bima H. Muhammad Lutfi SE didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Bima dan dihadiri pula oleh unsur FKPD, Asisten, Kepala OPD, Ketua TP PKK Kota Bima, Camat, dan Lurah yang membuka secara langsung kegiatan tersebut.


Adapun bahan pangan yang di jual pada kegiatan bazaar berupa minyak goreng, beras, telur, cabe, tomat, daging ayam, bawang merah, minuman hasil olahan dan jajan yang harganya di bawah harga pasar.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima Ichwanul Muslimin, ST MM dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu langkah aksi dalam menekan inflasi daerah Kota Bima dan sebagai upaya dalam menstabilkan pasokan dan harga pangan.


Kepala dinas ketahanan pangan juga memperkenalkan beras cadangan pangan pemerintah (BCPP) dimana beras ini merupakan salah satu cara pemerintah dalam menangani kerawanan pangan terhadap masyarakat Kota Bima ketika terjadi bencana alam, krisis pangan dan juga keadaan darurat untuk masyarakat miskin maupun lansia.


Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peran serta Pemerintah pusat, pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas pasokan dan menekan lonjakan harga sembako melalui dinas ketahanan pangan bersinergi dengan Bulog dan instansi - instansi terkait yang merasa terpanggil dalam mengatasi terjadinya lonjakan harga sembako. 


Pada kesempatan tersebut juga orang nomor satu di Kota Bima ini mengajak dan menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing dengan menanam tanaman yang dibutuhkan, Seperti cabe, tomat, sayur dan bahan makanan lainnya yang dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari. 


Di akhir sambutannya Walikota juga mengapresiasi Dinas ketahanan pangan. “Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat Kota Bima karena gerakan ini tidak hanya di Kota Bima namun serentak di seluruh Indonesia,' ujar Wali Kota Bima. 


Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian sembako kepada Lima orang warga yang pertama berkunjung ke tempat acara oleh Walikota Bima sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat dan juga dilakukan pembagian secara simbolis beras cadangan pangan pemerintah (BCPP) kepada camat dan Lurah se Kota Bima oleh Walikota Bima didampingi oleh Sekda, Ketua TP PKK dan unsur FKPD yang hadir dan peninjauan tempat bazaar yang ada di Halaman kantor dinas ketahanan pangan.

(red)