Kades Sakuru bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi Pertanian -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Kades Sakuru bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Saluran Irigasi Pertanian

Saturday, December 31, 2022

Tahun Baru 2023 yang jatuh pada 1 Januari 2023 adalah momen yang tepat untuk liburan.

Kepala Desa (Kades) Sakuru Suharto, S. Pd mengenakan baju warna kuning, ia sedang mengeluarkan tanah dengan menggunakan akop. 


Di Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 ini, Kepala Desa Sakuru Kecamatan Monta Kabupaten Bima, Soeharto, S.Pd bersama P3A Tolomango, warga & Kelompok Tani So Tolomango bergotong royong untuk membersihkan saluran irigasi.


Kegiatan ini dilakukan untuk memperlancar saluran irigasi pertanian yang ada di So Tolomango, sehingga diharapkan bisa mendongkrak kesejahteraan warganya.


Gotong-royong adalah sesuatu yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Desa Sakuru.


Terlihat para petani  membawa berbagai perlengkapan, seperti cangkul, skop, parang dan keperluan lainnya untuk membersihkan saluran irigasi yang sudah tersumbat.


"Kegiatan ini menajdi rutinitas setiap tahun agar air bisa lancar mengairi persawahan yang ada di So Tolomango," ungkap Kades Sakuru di tempat gotong- royong, Minggu (1/1/2023) pagi.


Ia menambahkan, pembersihan saluran irigasi tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan lumpur yang menyebabkan pendangkalan saluran, yang tentunya akan menghambat aliran air menuju kawasan persawahan warganya.


Suharto juga sangat bangga dengan semangat gotong-royong yang dilakukan oleh warganya.


"Gotong-royong seperti ini sangat baik untuk terus di dilakukan karena bisa mempererat jalinan silaturahmi antar warga," tutupnya.

(red)