drg.Meily Siap Kawal Kebijakan Publik untuk Rakyat NTB di Senayan -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

drg.Meily Siap Kawal Kebijakan Publik untuk Rakyat NTB di Senayan

Tuesday, December 5, 2023

Bima.-Kontestasi Pemilu dan pileg tinggal lebih kurang 60 hari lagi, geliat dan dinamika pesta demokrasi sekali dalam lima tahun itu kini mulai terasa. Pasangan calon legislatif di semua level kini bergerak baik itu caleg DPD, DPR, DPRD Provinsi hingga DPRD Kabupaten/Kota bahkan paslon capres cawapres pun sudah bergerak di 34 Provinsi di Indonesia dinyatakan fixed KPU RI untuk bertarung merebut tahta kekuasaan untuk periode jabatan 2024 – 2029.

drg.Meily.

13 Parpol kini resmi dinyatakan penyelenggara sebagai peserta dalam kontestasi akbar 14 Februari 2024 mendatang, tahapan tersebut kini tengah berproses dan berdinamika seiring sejalan termasuk penetapan dalam daftar sementara (DCS) hingga Daftar tetap (DCT).

Salah satu calon anggota DPR RI yang direkom KPU RI dan NTB serta parpol telah melewati proses ketat adalah  drg. Meily Zuraida, Calon Anggota DPR RI dari Partai PDI Perjuangan Dapil II Pulau Lombok dengan nomor urut 3 yang memiliki tagline Aspirasi Sehat untuk NTB :” Aku Muda Aku Bisa” merupakan jebolan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar – SulSel.

Meski persaingan dapil 2 pulau lombok sangat ketat bahkan saat ini dihuni sejumlah petahana namun tidak menyurutkan niat Srikandi moncong putih itu maju karena telah ditempa berbagai dinamika di kampus berjulukan ayam jantan dari timur

Ketika disambangi tim jejakntb di kediamannya Jalan Swakarya Kekalik Tanjung Karang, Selasa 5 Desember 2023 wanita paruh baya berprofesi sebagai dokter gigi ini sangat familiar dan welcome dengan kehadiran media.

drg. Meily Zuraida lahir di Bandung pada 17 Mei 1984, pemilik akun facebook Meily Zuraida dengan jumlah teman tembus 5 ribu orang tersebut merupakan sosok low profile dan sangat humanis adanya.

Ketika ditanya apa yang memotivasi dirinya maju di bursa pencalegan saat ini, wanita cantik dan murah senyum itu langsung tegap dengan sorotan tajam saking semangatnya ingin menanggapi pertanyaan awak media ini

“Sebagai anak muda yang melek politik, Ada banyak cara kita mengabdi kepada Bangsa ini untuk bisa berbuat untuk Masyarakat, bukan hanya berkoar koar medsos saja, tetapi Kita harus masuk ke sistem. salah satunya nya adalah mengunakan instrumen kekuasaan politik untuk bisa berbuat kepada masyarakat dg menjadi Anggota DPR . Buat saya menjadi Caleg itu adalah bagian dr cara saya berjuang kepada rakyat dengan memastikan setiap kebijakan pemerintah APBN dan UU itu berpihak Kepada Rakyat. Menjadi Wakil rakyat akan memperluas Spektrum pengabdian saya untuk masyarakat,” ucapnya memulai pembicaraan

Wanita yang akrab disapa Meily ini tak hanya itu, ia melanjutkan alasan dirinya gunakan kendaraan pdip dalam bertarungnya pada pileg 14 Februari mendatang,

“Kenapa memilih PDIP , saya memilih PDIP karna platform politik kerakyataan nya dan konsistensinya dalam menegakkan Idiologi dan Dasar Negara Pancasila.,” lanjut Meily

Masih Meily dirinya tetap semangat menggunakan kendaraan moncong putih besutan Megawati Soekarnopoetri mengingat kendaraan ini diyakininya sangat pas buat dia dan rakyat,

“PDIP salah satu Partai politik yang terbesar di Republik ini yang mencetak banyak kader yang istilahnya “bukan kaleng-kaleng” sebagai Calon calon pemimpin dan kepala daerah dan negara dengan kaderisasinya yang  berjalan dengan baik . Ada sekolah partai yang berjenjang , ada sekolah kader , ada sekolah idiologi , ada sekolah calon kepala daerah. PDI Perjuangan adalah partai yang masuk dalam standar ISO dalam pengelolaan managemen kepartaian,” sambungnya.

Berikut biodata singkat yang akrab disapa Mbak Eyik atau Mely ini yang berhasil dihimpun redaksi,

BIODATA CALON ANGGOTA DPR RI PARTAI PDI PERJUANGAN  NO. URUT 3 DAPIL NTB II (DUA) PULAU LOMBOK 


Nama  : drg. Meily Zuraida
Ttl        : Bandung, 17 Mei 1984

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

•SD Negeri 21 Mataram (sekarang jadi 45 Mataram)
•SMP Negeri 2 Mataram
•SMU Negeri 5 Mataram
•Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin Makassar

RIWAYAT  PEKERJAAN
•Praktek Mandiri Dokter Gigi
•Direktur CV. Inges Group ( Periode 2019 – present)
•Direktur PT. Niscala Jaya Nusantara ( Periode 2023 – present)

RIWAYAT ORGANISASI

• Wakil Ketua Bidang  Kesehatan, Perempuan & Anak Dewan Pimpinan Daerah Partai PDIP Nusa Tenggara Barat Periode 2014 – 2019
•Wakil Ketua Bidang Kebudayaan Dewan Pimpinan Daerah Partai PDIP Nusa Tenggara Barat Periode 2019 – 2024
•Penanggung Jawab BAGUNA DPD PDIP Nusa Tenggara Barat Masa Bhakti Tahun 2015 – 2020
•Kepala Badan Kemenangan Nasional (BKN) Daerah untuk Partai PDIP Provinsi Nusa Tenggara Barat 2020 hingga 2025
•Bendahara Umum Tim Pemenangan Daerah Pasangan Calon Presiden RI nomor urut 3 GANJAR-MAHFUD ( GAMA )  Provinsi Nusa Tenggara Barat Untuk Tahun 2024.

Saat ini Eyik atau Meily dipercaya Ketua DPD PDIP Nusa Tenggara Barat H Rahmat Hidayat sebagai Bendum TPD Paslon 3 Capres Ganjar Pranowo Mahfud, di sela kesibukan melayani pasien single parent ini cerdas membagi waktu.

"Santai ajalah mas, kita ini khalifah fil ardh yang seyogianya mengatur dan sebagai pemimpin di rumah tangga kita masing masing dan dari situlah kita belajar memanage segala sesuatunya, begitupun kehidupan Rasulullah SAW sebelum mendakwahkan publik dia memulainya dari keluarga,” ungkapnya.

drg. Meily Zuraida bukan wanita biasa di Partai PDIP NTB, sosoknya yang cepat akrab dengan siapapun membuat perempuan kelahiran Bandung ini harum namanya di Gumi Selaparang, selain sebagai dokter Mbak Meily juga suka bermasyarakat dan bersosialita.

Diakhir wawancara media mencoba mengorek kira kira apa obsesi utamanya jika terpilih dan dipercayakan menduduki kursi senayan? Wanita berparas sangat ayu nan baik hati ini pada jejakntb mengungkapkan isi hatinya.

"Jujur iya jika seandainya saya terpilih nantinya Saya ingin rakyat merasakan dan menikmati hasil dari setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah . Banyak program program dari pemerintah Pusat yang melalui APBN yang kurang menyentuh kehidupan mereka baik kesehatan , pendidikan dan peningkatan Perekonomian masyarakat , Tugas saya adalah mengidentifikasikan semua persoalan itu dan memastikan masuk dalam kebijakan pemerintah,” tegasnya.

Secara runut Meily Zuraida punya obsesi dan komitmen kepada publik NTB dalam kapasitasnya sebagai Caleg Dapil Dua,

“Sebagai calon DPR RI tentunya saya meyakini bahwa saya mampu melakukan itu , saya tidak sekedar mewalili 30 % perempuan Indonesia tetapi saya punya keyakinan untuk bisa bersaing dalam kontestasi demokrasi ini dengan visi misi yang saya miliki , dan ini saatnya bagi saya untuk mengexplore diri saya bagi pengabdian saya untuk bangsa dan negara dan khususnya NTB,”pungkasnya

(**).