Tahun 2023 NIB Diterbitkan Sebanyak 1.666, Kepala DPMPTSP Kota Bima Targetkan 1000 Pelaku Usaha -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Tahun 2023 NIB Diterbitkan Sebanyak 1.666, Kepala DPMPTSP Kota Bima Targetkan 1000 Pelaku Usaha

Wednesday, January 3, 2024

Kota Bima.-Total Nomor Induk Berusaha (NIB) diterbitkan mulai Januari hingga Desember 2023 di Kota Bima sebanyak 1.666.

Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Bima, Lalu Sukarsana. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Bima, Lalu Sukarsana, pada mimbar NTB, Kamis (4/1/2024). 

Lalu Sukarsana menjelaskan, Berdasarkan rekapan Online Single Submission (OSS) sudah menerbitkan NIB wilayah kota Bima Januari s.d Desember sebanyak 1.666. Sementara berdasarkan buku register total NIB sebanyak 556.

"Jenis usaha Perorangan (UD, toko, Po) Non perorangan (CV, PT terbatas, PT, perorangan, Firma, koperasi, BLU, BLUD, BUM Des, yayasan, persekutuan perkumpulan, BUM Des bersama," jelasnya.

Lalu Sukarsana menargetkan 1000 pelaku usaha di Kota Bima. Untuk itu, ia mengharapkan kesadaran bagi pelaku usaha untuk mengurus ijin usaha agar bisa dilakukan secara mandiri melalui aplikasi Online Single Submission (OSS) dan serta bisa mendatangi DPM PTSP Kota Bima. 

"Harapannya agar  pelaku usaha semakin meningkatkan kesadaran untuk mengurus ijin Usaha baik dilakukan secara mandiri, kalaupun masih ada yang kurang memahami Aplikasi, kita siap mendampingi untuk pengurusan ijinnya," harapnya.

Tak hanya itu, Lalu juga berharap adanya kesadaran pelaku usaha untuk melaporkan perkembangan usahanya secara berkala ke DPM PTSP Kota Bima. 

"Adanya kesadaran juga dari pelaku usaha agar mau melaporkan perkembangan usahanya secara berkala. Untuk UMKM 1 tahun sekali (resiko rendah), menengah rendah 6 bulan sekali, menengah tinggi dan tinggi 3 bulan sekali," harapnya. 

(**).