PKL di Mande, Mahasiswa Stikes Yahya Bima Fokus Data Kesehatan Masyarakat -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

PKL di Mande, Mahasiswa Stikes Yahya Bima Fokus Data Kesehatan Masyarakat

Thursday, March 14, 2024

Ilustrasi. 

Kota Bima.- Sebanyak 48 Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Yahya Bima melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kelurahan Mande, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, selama enam pekan atau 6 Minggu.


Ketua Kelompok PKL, Fadlin, S.Kep ditemui di Kantor Kelurahan Mande, Kamis 14 Maret 2024 mengatakan saat ini kelompoknya lagi fokus pada pendataan keluhan kesehatan yang dikeluhkan oleh masyarakat.

"Kami mendata keluhan kesehatan yang dialami masyarakat, kami temukan keluhan kesehatan masyarakat Mande seperti penyakit DM, Hipertensi, Ispa, asam urat dan kolesterol," jelasnya. 

Lebih lanjutnya, untuk hasil pendataan nanti, pihaknya akan membahas dalam forum Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) 1 dengan melibatkan pemerintah kelurahan dan masyarakat setempat. 

"Rencananya minggu ketiga MMK 1 akan dilaksanakan, sementara MMK 2 Insha Allah akhir PKL atau pasca Ramadhan," terangnya. 

Ia juga sampaikan yang menjadi target kelompoknya yakni mendata sebanyak 480 Kepala Keluarga (KK) dengan berbagai keluhan kesehatan yang dialami oleh masyarakat. 

"Masing- masing mahasiswa wajib melakukan pendataan sebanyak 10 Kepala Keluarga (KK), sekarang baru 30 kk. Kegiatan ini didukung penuh oleh Kampus dan Puskemas Mpunda," ujar Fadlin. 

Sementara Kepala Kelurahan Mande Marwan, S.Sos mengaku senang dengan adanya kegiatan PKL dari Mahasiswa Stikes Yahya Bima. 

"Adanya kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Stikes Yahya Bima memberikan edukasi langsung kepada masyarakat, apalagi kegiatan ini juga selaras dengan program Pj Wali Kota Bima, H Mohammad Rum," ungkapnya. 

(Din/mb).