Asuransi Keselamatan Nelayan Salah Satu Program Prioritas HMS -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Asuransi Keselamatan Nelayan Salah Satu Program Prioritas HMS

Friday, June 14, 2024

Anggota DPR RI dari Fraksi PAN, Dr H Muhamad Syafrudin, ST., MM. 

Kota Bima.-Anggota DPR RI, Dr H Muhamad Syafrudin atau HMS menginginkan seluruh nelayan di Kota Bima mendapatkan asuransi keselamatan dari pemerintah daerah dengan menggunakan APBD. 


Hal itu dapat terwujud dengan adanya niat dari kepala daerah. HMS utarakan hal itu setelah mendengarkan aspirasi dari nelayan. 

"Usulan asuransi bagi nelayan sangat penting sekali, sama dengan usulan nelayan tadi," ungkap HMS usai menghadiri Sosialiasi Penguatan Peran Masyarakat dalam Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP) melalui sistem pengawasan berbasis masyarakat, di Kelurahan Kolo, Kota Bima, Jum'at (14/6/2024). 

Asuransi Nelayan merupakan salah satu program prioritas HMS nanti untuk maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bima 2024.

"Program prioritas saya mengagendakan program asuransi keselamatan bagi nelayan dan itu bisa dilakukan tergantung niat dan saya punya niat melakukan itu," ungkapnya. 

Menurut HMS, profesi nelayan memiliki risiko yang cukup tinggi hingga dapat mengancam jiwa dan keselamatan. Saat melakukan kegiatan penangkapan ikan, nelayan seringkali dihadapkan pada cuaca yang tidak bersahabat hingga mengakibatkan kecelakaan, dan seringkali terjadi tabrakan di laut.  

"Kalau ada apa-apa nelayan berhak mengklaim asuransi kepada pemerintah, itukan bagus sekali," jelas Calon Wali Kota Bima itu. 

HMS optimis bisa melakukan programnya itu, sehingga Kota Bima bisa selangkah lebih maju dari daerah lain di Nusa Tenggara Barat. 

HMS tegaskan bahwa asuransi tersebut bermaksud untuk menjamin kegiatan nelayan yang lebih baik dalam usaha penangkapan ikan, sehingga hak dan kewajiban nelayan menjadi jelas serta akan terlindungi dalam kegiatan usaha penangkapannya. Manfaat yang diperoleh antara lain ketentraman dan kenyamanan bagi nelayan. 

(***).