UPTD LLK Disnakertrans, Siapkan Tenaga Kerja Berbasis Kompetensi -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

UPTD LLK Disnakertrans, Siapkan Tenaga Kerja Berbasis Kompetensi

Rabu, 06 Februari 2019

BIMA, MIMBARNTB - Sebanyak 192 orang peserta mengikuti pelatihan berbasis kompetensi (PBK) yang digelar UPTD LLK Dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Bima bekerja sama dengan UPTP BLK Lombok Timur Kemnaker RI, Rabu (6/2/2019) di aula kantor LLK Bima.  

Pelatihan berbasis kompetensi (PBK) Digelar UPTD LLK Disnakertrans bersama dengan BLK Lombok Timur Kemnaker RI dibuka resmi oleh Kadis Nakertrans Kabupaten Bima, H. Nasrullah, S. Sos di aula kantor LLK Bima. 
Rencananya pelatihan ini akan berlangsung selama dua bulan, dibuka untuk umum yaitu dapat diikuti oleh peserta diluar daerah Bima. 

Tujuan pelatihan ini adalah untuk membentuk tenaga kerja yang berkompeten, terlatih dan mandiri sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan menciptakan wirausahawan yang handal.

"Pentingnya kompetensi bagi tenaga kerja dan mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan trampil," ucap Kepala Disnakertrans Kabupaten Bima, H. Nasrullah, S.Sos saat membuka secara resmi kegiatan ini. 

Harapan H. Nasrullah, pelatihan ini dapat mencetak tenaga ahli dan kader yang berkompeten dibidang keahlian masing-masing dalam rangka menyongsong persaingan kerja dan pasar bebas.

Pelatihan angkatan pertama ini terdiri dari berbagai kejuruan
yaitu:

1. Kejuruan Sepeda Motor.
2. Kejuruan bahasa inggris.
3. Kejuruan teknisi HP.
4. Kejuruan basic office.
5. Kejuruan Operator Komputer.
6. Kejuruan Menjahit.
7. Kejuruan Processing.
8. Kejuruan Las Listrik.

Kepala UPTD LLK Bima, Abdul Azis, ST menambahkan, pelatihan ini mampu menekan angka pengangguran di kabupaten Bima karena Peserta yang lulus uji kompetensi ini akan langsung dipakai oleh dunia usaha. 

"Menurut data statistik, pelatihan ini mampu menekan angka pengangguran di Kabupaten Bima sebanyak 25%," katanya. [mb]