Dinas PUPR Kab. Bima Melakukan Uji Coba Tangki Septik Biofilter Ramah Lingkungan -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Dinas PUPR Kab. Bima Melakukan Uji Coba Tangki Septik Biofilter Ramah Lingkungan

Senin, 14 Agustus 2023

Dinas PUPR Kab. Bima Melakukan Uji Coba Tangki Septik Biofilter Ramah Lingkungan. 

Dinas PUPR Kabupaten Bima melakukan uji coba tangki septik Biofilter Ramah Lingkungan. 


Uji coba ini dilaksanakan pada Kamis (10/8/2023) bertempat di halaman Koperasi Polres Bima Kota. 

Pada uji coba ini, Dinas PUPR Kabupaten Bima melakukan pemasangan tangki septik Biofilter dengan tekhnologi ramah lingkungan. 

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bima melalui Kabid Cipta Karya dan Pembina Jasa Konstruksi, Syaeful Bahri, ST., M. Si mengatakan tangki septik Biofilter ini akan mulai diuji coba kelayakan dan sertifikasi oleh Balitbangki kementerian PUPR. Tangki septik biofilter ini  sangat bagus untuk lingkungan dibandingkan septik tank konvesional yang biasa digunakan selama ini. 

"Kalau tangki septik Biofilter tidak mencemari lingkungan. Technologinya aman dan ramah lingkungan," ungkap Syaeful Bahri. 

Syaeful Bahri mengatakan tangki septik Biofilter ini terbuat dari bahan linear loe density polyethylene atau LLDPE yaitu bahan plastik yang paling lentur sehingga memiliki daya regang yang tidak bisa kuat. 

"Limbahnya tertampung diolah dan difilter didalam tangki septik kotoran tak akan meresap ke dalam pori-pori tanah. Setelah diolah tangki nanti efluen akan keluar melalui pipa outlet menuju resapan dan selanjutnya akan aman dibuang ke saluran drainase atau terserap ke dalam tanah," terangnya. 

Penggunaan tangki septik Biofilter ini mulai diterapkan di Kabupaten Bima pada tahun 2023. Dinas PUPR Kabupaten Bima akan memasang septik di 33 desa dan akan melayani sebanyak 1.750 rumah warga. Dinas PUPR bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bima akan mengawali pelaksanaan tangki septik ini. 

"Alhamdulillah tahun ini pertama di Kabupaten Bima dan InsyaAllah akan terus kita upayakan pada tahun berikutnya untuk menuju sanitasi yang layak, bahkan sanitasi yang aman sesuai amanat bapak Presiden Joko Widodo," bebernya. 

Untuk diketahui bahwa  masyarakat Kota Bima penggunaan tangki septik ini memasuki tahun ketiga sejak tahun 2021 yang lalu. 

(nurdin)