Stabilisasi Harga Beras, Perum Bulog Bima Bersinergi dengan Pemkot Bima -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Stabilisasi Harga Beras, Perum Bulog Bima Bersinergi dengan Pemkot Bima

Tuesday, October 3, 2023

Stabilisasi Harga Beras, Perum Bulog Bima Bersinergi dengan Pemkot Bima. 

Kota Bima - Dalam stabilisasi harga beras medium dan menurunkan inflasi di Kota Bima, Pemerintah Kota Bima melakukan sinergi bersama Perum BULOG Cabang Bima, melakukan berbagai upaya. Pertama menyalurkan Bantuan Pangan Tahap II Alokasi September - November 2023.


Bantuan Pangan merupakan program Pemerintah Pusat melalui Badan Pangan Nasional dengan tujuan untuk mempercepat stabilisasi harga beras medium di masyarakat. Bantuan Pangan Tahap II yang semula direncanakan pada bulan Oktober-Desember 2023 dilakukan akselarasi pada bulan September - November 2023. 


Untuk Kota Bima, Bantuan Pangan diberikan kepada 14.775 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Masing-masing KPM menerima 10 Kg beras medium. Untuk alokasi September 2023, Bantuan Pangan di Kota Bima merupakan Kota/Kabupaten yang pertama kali tuntas di Provinsi NTB. Sedangkan untuk alokasi Oktober, akan disalurkan pada tanggal 4-5 Oktober 2023.

 

Kedua Optimalisasi Kegiatan Stabilisasi Pasokan dan Harga (SPHP) Beras Medium. 


Kegiatan SPHP Beras Medium dilaksanakan dari awal Januari 2023. Untuk saat ini, kegiatan SPHP Beras Medium difokuskan pada pedagang pengecer yang ada di Pasar Tradisonal, tujuannya agar pasokan beras medium semakin banyak tersedia di pasar dan masyarakat memiliki alternatif beras murah kualitas baik dan diharapkan harga semakin cepat stabil.


Terdapat 17 pedagang pengecer penyalur beras SPHP di Kota Bima yaitu 11 pedagang pengecer di Pasar Amahami, 3 pedagang pengecer Pasar Raya Bara dan 3 pedagang pengecer di Pasar Lama. Pedagang pengecer ini diupayakan untuk terus ditambah jumlahnya sehingga pasokan beras medium semakin banyak dan harga semakin stabil.


Ketiga, Gerakan Pangan Murah ini merupakan Program Badan Pangan Nasional bekerjasama dengan Perum BULOG. Gerakan Pangan Murah di Kota Bima telah dilaksanakan sebanyak dua kali di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima.


 (*)