Asisten 3 Setda Kota Bima Lantik dan Pengambilan Sumpah PTPS -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Asisten 3 Setda Kota Bima Lantik dan Pengambilan Sumpah PTPS

Tuesday, January 23, 2024

Asisten 3 Setda Kota Bima melantik dan pengambilan Sumpah anggota PTPS. 

Kota Bima.-Asisten III Setda Kota Bima, Drs Muhammad Saleh, melantik, pengambilan Sumpah dan Bimbingan Teknis Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kota Bima, Senin (22/1/2024).


Acara ini di laksanakan di Aula SMKN 2 Kota Bima, menandai langkah penting dalam persiapan menghadapi proses demokrasi yang akan datang di Kota Bima. 

Muhammad Saleh menekankan, pentingnya peran pengawas (PTPS) dalam menjamin kelancaran dan keberlanjutan proses pemilihan. Selain itu, dia menegaskan komitmen untuk memastikan integritas dan transparansi dalam pelaksanaan tugas mereka.

"PTPS adalah suatu kader terpenting dalam pemilu, kalian semua merupakan kader-kader yang terbaik dan yang terpilih dari sekian yang melamar untuk PTPS. Jadi saya ucapkan, selamat dan terimakasih atas dedikasinya untuk mengsukseskan pemilu di Kota Bima nanti," ujarnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi terhadap Bawaslu Kota Bima yang telah menyelenggarakan acara tersebut guna mengsukseskan demokrasi di Kota Bima.

Rangkaian acara dimulai dengan seremoni pengambilan sumpah, di mana para pengawas (PTPS) yang terdiri dari 5 Kecamatan di Kota Bima dengan jumlah keseluruhan sebanyak 404 orang anggota berjanji untuk melaksanakan tugas mereka dengan adil dan tanpa keberpihakan. Mereka diharapkan menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan dan keabsahan suara di setiap tempat pemungutan suara.

Selanjutnya, dilaksanakan bimbingan teknis yang disampaikan oleh ahli-ahli terkemuka dalam bidang pemilihan dan pengawasan.
M Saleh memberikan arahan kepada peserta tentang standar operasional prosedur, kode etik, dan teknis-teknis lainnya yang harus dipegang teguh.

"Saya berpesan kepada semuanya agar poin-poin yang tertera dalam sumpah tadi dilaksanakan dengan baik dan setulus tulusnya karena tugas yang di percayakan adalah tugas yang mulia demi menegakkan demokrasi dan pemilu yang adil," tambahnya.

Para peserta bimbingan teknis diharapkan dapat mengimplementasikan pengetahuan yang didapat dengan baik, dengan pemahaman yang mendalam tentang tugas dan tanggung jawab mereka, diharapkan proses pemilihan di Kota Bima dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan hasil yang dapat dipercaya oleh masyarakat.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh pejabat pemerintahan, dan perwakilan dari berbagai lembaga terkait serta perwakilan dari organisasi masyarakat dan semua pihak sepakat bahwa pengawasan yang cermat dan profesional adalah kunci keberhasilan dalam menjaga integritas demokrasi.

Pelantikan Pengambilan Sumpah dan Bimbingan Teknis Pengawas Tempat Pemungutan Suara ini tidak hanya menjadi momen bersejarah bagi para pengawas (PTPS) juga sebagai wujud nyata dari komitmen Kota Bima untuk melaksanakan pemilihan yang adil dan demokratis.

(**).