Jadilah Aktivis Sejati -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Jadilah Aktivis Sejati

Sunday, July 16, 2017

Oleh Nasarudin Mantan Ketua Bidang PTKP HMI Cabang Makasar

Siapa yang tidak kenal aktivis juga mahasiswa seperti Sjahrir, Hariman Siregar, Fadjroel Rachman, Mustafa Kamal, dan aktivis mahasiswa lainnya di masa lalu? Orang-orang seperti mereka menjadi inspirasi di eranya. 
Nasarudin/Naskalate Junior
Suara lantang mereka yang terus bergaung di telinga penguasa pongah di eranya hingga saat ini terekam secara manis di benak para penerusnya. Getir perjuangan yang dilakukan mereka selama mahasiswa tidak lekang ditelan zaman. Kebaikan-kebaikan bangsa ini beserta kesejahteraannya menjadi hal yang mereka dambakan selagi mahasiswa. 

Mereka itulah aktivis sejati, penjara tidak pernah menghentikan langkah mereka. Tahanan politik adalah hal bias, cekalan dan cacian orang-orang yang tidak suka pada mereka adalah batu penghalang mereka namun mampu di lewati. 

Sekali lagi, mereka itulah aktivis sejati. Aktivis juga mahasiswa sejati. Pemuda gagah, pahlawan-pahlawan kecil yang akan menjadi pahlawan besar. Pemuda enerjik yang kritis, itulah aktivis. Juga dengan kecerdasan dan keahliannya, mereka itulah aktivis mahasiswa.

Aktivis sejati adalah orang yang manpu menempatkan dirinya dalam situasi dan keadaan apapun. Juga aktivis sejati memiliki prinsip dan manpu menjaga independensinya dalam membangun suatu gerakan. Demi kepentingan bangsa dan umat.

Jangan mengatas namakan diri sebagai aktivis. Jikalau engkau melacurkan dirimu dengan para penguasa bejat dan korup. Sebenarnya engkau sadar, akan hal itu sebagai bentuk mencederai idealisme dan eksistensi dirimu sebagai aktivis.

Aktivis sejati, tidak mengenal kata kompromi. Apalagi menjual diri untuk kepentingan sesaat. Demi mendapatkan sesuap nasi, secangkir kopi dan sebungkus rokok. Aktivis sejati lebih baik mati kelaparan daripada menjual dirinya.

Aktivis sejati itu harus berpegang teguh prinsip dan pendiriannya dan juga aktivis sejati memiliki tekad, komitmen dan konsisten yang kuat. Karena tekad, komitmen dan konsisten adalah kekuatan yang tidak manpu dikalahkan dan dirobohkan oleh siapapun.

Semoga kita senangtiasa menjaga dan merawat independensi kita dalam situasi dan keadaan apapun.