Sebanyak 40 Kelompok Yang Mendapatkan Bibit Bawang Merah TA 2017 Di Kab. Bima -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Sebanyak 40 Kelompok Yang Mendapatkan Bibit Bawang Merah TA 2017 Di Kab. Bima

Monday, July 10, 2017

Kabupaten Bima, Mimbarntb - Dinas Pertanian Kabupaten Bima melalui Kabid Hortikultural Syahrial, SP, mengungkapkan bantuan Bibit Bawang merah tahun 2017 telah dibagikan Juni kemarin yaitu sebanyak 68 Ton. Saat ditemui di ruang kerjanya senin (10/7/17).

Sebanyak 40 kelompok tani yang mendapatkan manfaat bantuan bibit bawang merah tersebut, untuk kawasan 100 Hektar.

"100 hektar kawasan terdiri dari 40 kelompok"Kata Syahrial. 

Untuk 1 Hektar masing masing kelompok tani mendapatkan bibit bawang merah sebanyak 680 kg. Sedangkan untuk bantuan bibit tidak merata. Bantuan yang diberikan bervariasi satu kelompok ada yang dapat 3 hektar, ada juga yang dapat 2 hektar tergantung potensi wilayah tanam.

"Bantuanya bervariasi tidak merata satu kelompok ada yang dapat 3 hektar juga ada yang dapat 2 hektar, untuk 1 hektar dibantu 680 kg bibit" ungkap Syahrial.

Syahrial juga mengatakan sebenarnya dalam aturan harusnya 20 kelompok akan diberikan bibit tersebut, namun karena banyaknya kelompok tani yang mengajukan proposal permohonan bantuan bibit sebanyak 120 propossl, akhirnya dipecahkan menjadi 40 kelompok penerima bantuan bibit tersebut.

"Dalam aturan sebenarnya hanya 20 kelompok yang akan diberikan bibit namun karena banyaknya proposal yang masuk sebanyak 120 kelompok, akhirnya kami pecahkan menjadi 40 kelompok mendapatkan bibit bawang merah" jelas Syahrial. 

Penyerahan bibit tersebut diserahkan oleh CV. Citra Andika Pemenang tender Asroji, dan diawasi langsung oleh Dinas Perta Kab. Bima, Penyuluh, Kupt Pertanian dimasing masing kecamatan.

"Kami hanya mengawasi sedangkan yang menyerahkan bibit tersebut CV. Pemenang tender" tuturnya. 

Dinas Pertanian Kabupaten Bima melalui Syahrial mengatakan beberapa kecamatan yang mendapatkan bantuan tersebut yaitu Kecamatan Monta, Belo, Sape, Lambu, Wera, Ambalawi. 

"Kecamatan prioritas yang dibantu yaitu Kec. Monta dan Kec. Belo, karena Kecamatan yang menciptakan bibit"ungkapnya. 

Namun penyerahan bantuan obat-obatan baru 4 kecamatan yang telah dibagikan antara lain Kecamatan Monta, Belo, Sape dan Lambu, sedangkan untuk kecamatan lainnya akan segera menyusul. 

Kabid Hortikultural mengungkapkan ia sangat mengharapkan kerja sama semua lapisan masyarakat khususnya LSM, Media, Aktifis agar mengawal bantuan tersebut sehingga dapat terlaksana dengan baik. 

"Kami mengarapkan kerja sama adik- adik aktifis, media dan LSM agar membantu kami untuk mengawal program bantuan bibit bawang tersebut. ketika ada masalah di lapangan, mohon sampaikan kepada kami, agar kami menindak lanjutinya"ungkapnya.

Syahrial menghimbau kepada semua kelompok tani yang mendapatkan bibit bawang merah kemarin agar menanam dan memanfaatkan bibit tersebut. Ia juga menambahkan jangan sampai bibit tersebut dijual atau disalah gunakan. 

"Saya himbau kepada kelompok yang mendapatkan bibit tersebut agar bibitnya ditanam, jangan disalah gunakan kepercayaan pusat dan kami" tutup Syahrial.