Ini Nama -nama 41 Desa Akan Ikut Pilkades Serentak Tahun 2018 -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Ini Nama -nama 41 Desa Akan Ikut Pilkades Serentak Tahun 2018

Tuesday, February 13, 2018

Kabid Pemdes DPMDes Kab. Bima Elfaisal, SEI. MM
Bima, MimbarNTB.com | Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kabid Pemdes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Bima, ELFAISAL, SEI. MM, mengatakan sebanyak 41 Desa akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada tahun 2018. 

Adapun 41 Desa di Kabupaten Bima yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahun 2018 yaitu Desa Kowo, Parangina, Parado rato, Kangga, Runggu, Roi, Renda, Kalampa, Bugis, Sari, Wora, Doridungga, Cenggu, Ranggasolo, Mandala, Kalajena, Oi Maci, Sangga, Sambane, Sarae Ruma, Pusu, Londu, Darusalam, Kara, Waro, Nonto Tera, Ndanonae, Lewintana, Oikatupa, Rasabou, Padolo, Ragi, Bre, Diha, Ncandi, Sangla, Kuta, Sambori, Panda, Buncu dan desa Nae Sape.
Dia juga jelaskan untuk saat ini sudah ada tiga kepala desa (Kades) yang akan berakhir masa jabatannya pada tahun 2019, namun memilih mengajukan pengunduran diri untuk mengikuti Pilkades serentak tahun 2018 yaitu Kepala Desa Pela Kecamatan Monta, Kepala desa Nanga Wera Kecamatan Wera dan Kepala desa Parado Wane Kecamatan Parado.

"Karena dia ingin gabung di Pilkades serentak 2018, yang mengatakan secara terbuka di forum kemarin yaitu Kades Pela, Nanga Wera dan Parado Wane" ungkap Kabid Pemdes DPMDes Kabupaten Bima, ELFAISAL, SEI. MM pada Selasa, 13/2/2018 pagi di ruangan kerjanya.

Selain itu, dia jelaskan bahwa Pilkades serentak tahun 2018 diperkirakan akan dilaksanakan pada 1 November 2018 ini, pelantikannya diperkirakan pada bulan Juli dan launchingnya pada bulan Mei 2018.

Dia pun jelaskan terkait Domisili calon Kades tidak harus berdomisili 1 tahun sebelum pemilihan, sebab peraturan baru bagi Cakades sehari sebelum coblos pun bisa mengurus domisili. Sedangkan untuk persyaratannya Minimal Ijazah SMP, SMA. sederajat dan lainnya.
Dia menambahkan pula untuk pembiayaan pelaksanaan Pilkades serentak dibiayai dari Anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Bima 2018 yaitu sebesar Satu Milyar Dua Puluh Juta. (Red)