Bupati Bima: Penyuluh Adalah Konsultan Bagi Para Petani -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Bupati Bima: Penyuluh Adalah Konsultan Bagi Para Petani

Wednesday, March 7, 2018

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri saat memberikan sambutan pada kegiatan panen raya padi dusun tolonggeru Desa Monggo
Kabupaten Bima, MimbarNTB | Para penyuluh adalah konsultan bagi para petani. Maka segala sesuatu harus dikonsultasikan dengan para penyuluh, terutama mengenai pola tanam dan jenis tanaman yang akan ditanam. Apalagi menghadapi anomali cuaca yang tidak menentu saat ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri saat memberikan sambutan pada kegiatan panen raya padi di So Sera Nae Tolonggeru desa Monggo Kecamatan Mapadangga pada senin (7/3) siang.

Selain itu, dia juga mengimbau para petani agar tidak menanam jagung di gunung dan hutan tutupan negara.

"Menanam jagung boleh, tapi jangan di hutan tutupan negara. Lihatlah sejauh mata memandang, gunung sudah gundul dan tidak lagi ada pohon yang meresap air" Katanya dihadapan Warga Tolonggeru dan para Kelompok Tani.

Dikatakannya juga bahwa peristiwa banjir yang melanda wilayah Kabupaten Bima akhir-akhir ini adalah disebabkan oleh alih fungsi lahan dan penggundulan hutan untuk penanaman jagung.

Lebih lanjut dia ungkapkan meskipun pemerintah memberikan bibit jagung dan harga jagung saat ini menggiurkan, akan tetapi perlu diperhatikan aspek-aspek lingkungan dan kelestarian hutan.

Untuk Itu, dia meminta kepada para camat dan kades di Donggo, Bolo, Madapangga dan sekitarnya untuk  melakukan koordinasi berkaitan dengan masalah tersebut.