Wabup Bima : Penting Bagi Guru Memiliki Kompetensi yang Memadai -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Wabup Bima : Penting Bagi Guru Memiliki Kompetensi yang Memadai

Monday, April 2, 2018

Wakil Bupati Bima, H.Dahlan M.Noer
BIMA, MIMBARNTB.COM | Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri didampingi Wakil Bupati Bima Dahlan M. Noer dan Kapolres Bima AKBP Bagus Dewo Satrio, S.I.K menghadiri pembinaan jajaran Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) untuk pemantapan persiapan Ujian Nasional pada Senin (2/4) di Paruga Nae Bolo.
Wakil Bupati Bima Dahlan M. Noer dalam sambutannya mengatakan penting bagi seorang guru memiliki kompetensi yang memadai. Sebab kalau Guru memiliki kemampuan dan metode yang bagus untuk diterapkan pada anak didik maka tidak akan ada anak didik yang bodoh. 

Wabup juga ungkapkan bahwa Dalam 2 tahun terakhir ini pengelolaan pendidikan di Kabupaten Bima mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) dan dukungan sektor pendidikan, salah satunya melalui program inovasi yang digagas bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dahlan menambahkan "tindak tanduk seorang profesional harus mengutamakan mutu. Karena itu tantangan kita sekarang adalah bagaimana meningkatkan kemampuan siswa dan guru".

Dikatakannya pula bahwa ada banyak metode belajar yang dapat diterapkan okeh guru, maka guru harus senang belajar dan membaca. Pendidikan bisa maju dengan mengubah metode belajar. Untuk itu, guru harus memiliki kemauan yang kuat dengan mulai melakukan sesuatu dari hal yang paling mudah.

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Dikbudpora Kabupaten Bima H. Makruf, SE dalam laporannya mengatakan bahwa Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) tingkat SD akan dimulai pada 23 April 2018 dan diikuti 10.314 murid.

Untuk tingkat SMP ujian nasional dan ujian sekolah akan diselenggarakan pada tanggal 16 sampai dengan 19 Mei 2018 dan akan diikuti 9.936 siswa. Pada tahun ini terdapat 92 sekolah yang menerapkan Ujian Nasional berbasis komputer atau UNBK, itu artinya mengalami peningkatan sekitar 80% dari tahun sebelumnya.

Diharapkan pada tahun 2018 ditingkat kelulusan akan mencapai 100% seperti pada 2 tahun sebelumnya.

Hum/MB-01