Sosialisasi Optimalisasi Sarana Pemadam, Pemkab Bima Gandeng Swasta -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Sosialisasi Optimalisasi Sarana Pemadam, Pemkab Bima Gandeng Swasta

Wednesday, May 9, 2018

Pada saat sosialisasi berlangsung di Hotel Mutmainah Kota Bima
BIMA, MIMBARNTB | Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bima melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. H. Nurdin membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Optimalisasi Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pemadam Kebakaran yang digelar di Hotel Mutmainah Kota Bima, Rabu (9/5). Kegiatan tersebut diadakan oleh BPBP Kabupaten Bima bekerjasama dengan PT. New Sentosa.
Turut hadir pada kegiatan tersebut Direktur Marketing PT. New Sentosa Fire Fighting Technology Vivi Yanet, Kepala BPBD Kab.Bima, Kepala BPBD Kota Bima, Kepala BPBD Kab.Dompu, Kasat Pol PP Kab.Bima, Kasat Pol PP Kota Bima, Kasat Pol PP Kab.Dompu, dinas terkait serta peserta workshop.

H.Nurdin dalam sambutannya mengatakan, hakekat bencana adalah sesuatu yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan. Pandangan ini memberikan arahan bahwa bencana harus dikelola secara menyeluruh sejak sebelum bencana, pada saat bencana, dan setelah terjadi bencana. Oleh karena itu dibutuhkan manajemen khusus dalam penanganannya. 

“Dalam manajemen bencana terdapat empat tahapan penanggulangan bencana yang meliputi rencana penanggulangan bencana, rencana kesiapsiagaan, rencana tanggap darurat dan rencana pemulihan”, Ujarnya.

Dikatakannya, sosialisasi optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana pemadam kebakaran diperlukan sebagai langkah kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana kebakaran. 

Dengan adannya upaya peningkatan kewaspadaan, dapat mengurangi ketidakpastian melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang handal dalam penanganan bencana kebakaran. Karenanya perhatian dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana yang cepat, tepat dan tangguh merupakan hal yang mutlak dilakukan lebih khusus terhadap jenis ancaman bencana kebakaran.

“Kegiatan ini menjadi sangat tepat dan strategis karena mengingat kejadian bencana kebakaran di wilayah Bima dan Dompu semakin meningkat, sehingga mengakibatkan kerugian harta benda dan kerusakan sarana dan prasarana bahkan korban jiwa”, Tutup H. Nurdin.

Sementara itu, Desi selaku Marketing PT. New Sentosa dalam pengantarnya mengatakan bahwa PT.New Sentosa International yang berkantor di Jakarta Pusat itu memiliki fasilitas produksi yang berlokasi di Kalibening, Magelang dan Jawa Tengah. Seluruh kegiatan produksinya dilakukan oleh tenaga kerja terampil putra putri Indonesia mulai dari perancangan awal (penyusunan desain) sampai sentuhan akhir. Bahan (material) yang digunakan pun sebisa mungkin menggunakan produk buatan dalam negeri, kecuali beberapa komponen seperti mesin kendaraan dan mesin pompa yang sejauh ini masih menggunakan mesin buatan luar negeri. Dengan demikian, seluruh kendaraan pemadam kebakaran buatan PT. New Sentosa International memiliki tingkat kandungan lokal yang tinggi, yaitu di atas 80%. 

“Perusahaan juga sudah mengekspor puluhan mobil pemadam kebakaran beserta peralatan pemadam kebakaran buatannya ke berbagai negara di dunia seperti Bangladesh, Vietnam, Jepang, Tanzania, Sudan, Nigeria dan Inggris", Tutup Desi. (*MB-01*/Hum)