Bupati Bersama Wabup Kunker ke Desa Kalodu Langgudu -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Bupati Bersama Wabup Kunker ke Desa Kalodu Langgudu

Thursday, July 19, 2018

Bupati bersama Wabup Bima melakukan.kunjungan kerja di Desa Kalodu, Kecamatan Langgudu.
BIMA, MIMBARNTB | Rabu,18/07/2018, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri bersama Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer, didampingi sejumlah pejabat eselon I, III, dan IV Pemkab Bima melaksanakan kunjungan kerja ke Desa Kalodu Kecamatan Langgudu, serta turut hadir dalam rombongan tersebut yaitu Jena Teke Kesultanan Bima Muhammad Putra Ferriyandi dan Ketua TP. PKK Kabupaten Bima Ny. Rostiati Dahlan.
Rombongan Bupati saat memasuki wilayah Desa Kalodu, langsung meninjau Masjid  La Kai Kamina. Masjid tersebut dibangun pada tahun 1308 M yang memiliki nilai sejarah yang sangat penting dalam perkembangan Islam di Dana Mbojo.

Dihadapan warga, Bupati yang akrab disapa umi Dinda itu menyatakan bahwa keberadaan situs budaya yang ada di wilayah kecamatan Langgudu terutama situs budaya masjid La Kai Kamina, merupakan salah satu situs budaya yang harus dijaga dan dilestarikan keberadaanya, sehingga generasi muda dapat mengetahui keberadaan situs budaya yang dimiliki serta mewarisi keagungan nilai yang ada dibalik eksistensi sejarahnya.

Untuk itu Bupati Bima menginstruksikan kepada OPD terkait antara lain Dinas Pariwisata, Dikbudpora dan Bagian Kesra Setda untuk mengintensifkan koordinasi dengan Camat Langgudu dan Kades Kalodu guna memaksimalkan proses penataan dan pelestarian Situs bersejarah tersebut. Hal yang paling ditekankan adalah optimalisasi perangkat pengurus masjid, sehingga pemeliharaan dapat berjalan lebih baik serta penanganan lainnya dapat membuahkan hasil yang maksimal. 

Pemerintah Daerah berjanji, pada tahun anggaran berikutnya akan memberikan dukungan dana untuk melengkapi pendanaan dan  pelestarian yang telah dilakukan pada masa-masa sebelumnya.  

Usai meninjau dari dekat keberadaan situs budaya masjid La Kai Kamina, Bupati Bima bersama rombongan menggelar Dialog Terbuka dengan seluruh lapisan masyarakat Desa Kalodu.

Dalam momentum Dialog Terbuka, Hj. Indah Dhamayanti Putri menyampaikan bahwa Kunjungan Kerja tersebut memiliki hakikat nilai silaturrahmi dan media mentransformasikan informasi-informasi pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat serta menginventarisasi ide maupun aspirasi dan keluhan masyarakat untuk dijadikan pertimbangan dalam menentukan kebijakan pada masa-masa selanjutnya. 

Pada bidang pendidikan, Bupati Bima menyampaikan bahwa manajemen pengalokasian sumberdaya guru terus dilakukan secara cermat dan proporsional guna menjamin daya dukung peningkatan mutu pendidikan. 

“Sungguh dimahfumi bahwa kondisi mutu pendidikan akan menentukan masa depan daerah dan generasi; generasi yang cerdas akan sanggup menghadapi tantangan zaman serta menghasilkan kreasi-kreasi terbaik dalam pemajuan dan pensejahteraan secara lahir – bathin. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah terus  membenahi dan meningkatkan faktor – faktor pendukung dunia pendidikan” ungkap Bupati Bima.  

Sementara Wakil Bupati Bima Drs. Dahlan M. Noer juga menyampaikan respon terkait dengan apresiasi terhadap tenaga edukasi. “Pemerintah Daerah selalu berupaya keras mengurangi kendala pelaksanaan pendidikan serta memenuhi harapan para guru. Semua direncanakan secara terpadu, dilaksanakan secara bertahap”katanya.

Pada sektor Kesehatan dan Keluarga Berencana, Bupati dan Wabup menyampaikan harapan kiranya masyarakat Desa Kalodu memiliki perencanaan kesehatan dan mensejahterakan keluarga melalui keaktifan mengikuti program KB. 

Pada sektor pertanian, Bupati berharap agar masyarakat Kalodu tidak mengabaikan komoditi unggulan yang sesuai dengan iklim dan tanah di wilayah setempat. Hal lain yang juga ditekankan agar dalam proses pengolahan dan pemanfaatan lahan tidak memberi dampak negative pada lingkungan.

“Jaga kelestaraian alam demi masa depan yang lebih baik bagi generasi” ungkap Umi Dinda.  

Sebagai bentuk pembinaan kepada seluruh Jajaran ASN Kecamatan Langgudu, Bupati Bima menyampaikan bahwa harapan dan cita – cita terwujudnya Dou Labo Dana Mbojo yang RAMAH, membutuhkan kegemilangan ilmu pengetahuan, muara akhirnya adalah profesionalisme yang dibentuk secara cermat dan bertahap melalui proses belajar dalam arti luas. 

“Saya berpesan agar setiap aparatur mesti merimbunkan khasanah ilmu pengetahuan, memperhalus dan memperindah mozaik pekerti; melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional dalam melayani masyarakat, terus memacu kinerja serta sanggup menundukkan tantangan yang ada di masing-masing unit kerja. Jadikanlah ikhwal kebaikan, Kemajuan dan ketertataan yang terbingkai dalam Religiusitas, Keamanan, Kemakmuran, Keamanahan dan Kehandalan sebagai konsepsi hidup; demi kemajuan dan kederajadan Dou Labo Dana Mbojo tercinta, ukirlah prestasi terbaik, berlandaskan soliditas kerja, kejujuran, ketulusan dan kesadaran pengabdian yang tinggi” tegas Bupati Bima. 

Pada sektor Infrasrtruktur Jalan dan ketersediaan Sumber Air, Bupati dan Wabup berkomitmen bahwa bila dimungkinkan akan diakomodir dalam APBDP 2018 atau maksimalnya pada Tahun Anggaran 2019 mendatang ruas jalan Kalodu sepanjang ± 3,5 KM akan dilakukan pengaspalan secara representative sehingga kegiatan mobilisasi / pengangkutan dan pemasaran hasil pertanian dan usaha ekonomi rakyat menjadi lebih baik.  Demikian halnya dengan masalah perpipaan yang akan memberi manfaat besar dalam hal pengairan dan peningkatan komoditi hasil pertanian serta pemenuhan kebutuhan Air Minum bagi masyarakat. 

Umi Dinda juga mengucapkan Terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang menopang dan memberi daya dukung dalam bentuk partisipasi aktif konstruktif pada seluruh rangkaian ikhtiar pembangunan. 

Umi Dinda meyakini bahwa setiap bentuk support yang ditunjukkan, merupakan cerminan “meci ro ca’u di rasa ro dana” yang dibarengi dengan murninya harapan untuk mempersiapkan kegemilangan lahir – bathin bagi segenap generasi masa mendatang. Atas semua itu, Umi Dinda mengkhaturkan banyak Terimakasih sembari mendo’akan kiranya menjadi amal kemakrufan yang berbuah Rahmah dan Ridho dari Allah SWT.

“Semoga Silaturrahmi kita pada kesempatan ini mendapat Ridho Allah SWT serta menjadi momentum penting guna terus saling menopang dalam kesinambungan pencapaian ikhtiar “Dese ro Ntasa Dou ma Labo Dana Mbojo, Bima RAMAH tercinta Amin yaa Rabbal Alamain” demikian do’a Umi Dinda menutup seluruh penyampaiannya. *MB-01*