Imigrasi Bima Gelar Rakor Tim PORA di Dompu Bahas Issue Penting -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Imigrasi Bima Gelar Rakor Tim PORA di Dompu Bahas Issue Penting

Thursday, July 18, 2019

Dompu, mimbarNTB.com -- Kamis tanggal 18 Juli 2019 sekitar Pukul 09.00 Wita Kantor Imigrasí Kelas III Non TPI Bima bersama dengan taruna dari Politeknik Imigrasi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan orang asing (PORA) Kabupaten Dompu. 
Rapat koordinasi ini dihelat di Hotel Tursina Dompu turut dihadiri oleh Bupati Dompu yang diwakili oleh Asisten 1 Administrasi Pemerintahan dan Aparatur Setda Kabupaten Dompu Sudirman Harnid MSi, Bakesbangpol Kabupaten Dompu, Disdukcapil Kabupaten Dompu, Kemenag Kabupaten Dompu, DPM PTSP Disnakertrans Kabupaten Dompu, BAIS, TNI, Tim Intel Korem 162, Polres Dompu, Kodam 1614 Dompu, Pengawasan Ketenagakerjaan Disnaker NTB, Unit Intel Kodim, Humas Pemda Dompu, KSOP Bima, Dinas Pariwisata Kabupaten Dompu.
Acara dibuka pada sekitar Pukul 09.00 Wita diawali dengan laporan koordinator kegiatan oleh Kasubsi TI-Inteldakim Ardyansah kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima Dedy dan selanjutnya sambutan Bupati Domup diwakili oleh Asisten 1. 

Dalam sambutan Bupati Dompu yang disampaikan oleh Asisten 1 mengapresiasi Rapat Tim PORA yang digagas oleh Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima.

Asisten 1 berharap kegiatan Rapat Koordinasi Tim PORA seperti ini bisa dilaksanakan lebih intens lagi.

Sejumlah Issue penting yang dibahas dalam rakor ini yang disampaikan Kepala Kantor
Imigrasi Kelas lll Non TPI Bima, Dedy. 

"Banyaknya Orang Asing yang masih belum terpantau kegatannya menjadi topik utama dalam rapat koordinasi Tim PORA
Kabupaten Dompu mengingat adanya destinasi wisata kelas dunia yaitu Pantai Lakey
di Kecamatan HU'U," kata Dedy. 

Dalam pemaparanya Dedy menyampaikan telah menandatangani MoU dengan Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima dengan tujuan untuk memperketat pengawasan Orang Asing karena mengingat Bandara adalah merupakan gebang masuk WNA. 

Pada kesempatan itu Dedy juga menyampaikan rencananya ingin membentuk TPI Calabal di Kabupaten Bima yang digagas Kantor Imigrasi Kelas III Non
TPI Bima.

Yang bertindak menjadi moderator dalam rakor ini yakni Kasubsi TI-Inteldakim Ardyansah dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima Dedy sekaligus sebagai narasumber juga yang memimpin diskusi ini sehingga rapat ini berjalan dengan sangat aktif dan diskusi berjalan
produktif. 

Sejumlah peserta mengapresiasi rapat koordinasi Tim
PORA ini, mereka memberi saran agar rakor semacam ini dilaksanakan lebih sering.

Di akhir rapat, Kepala Kesbangpol Kabupaten Dompu mengataka bahwa rapat koordinasi Tim PORA adalah wadah bagi bagai semua instansi dalam
menjalankan Tusi nya dalam rangka pengawasan Orang Asing.

"Maka seluruh instansi diharapkan turut serta dan pro aktif dalam melaksanakan penegakan hukum terhadap orang asing melalui Tim PORA," harap Kepala Kesbang Dopu serta beliau menyampaikan dalam waktu satu dua bulan kedepan akan diadakan pembahasan anggaran tahun 2020 dan sudah mendapatkan lampu persetujuan dari bapak Asisten 1 Bupati Dompu mengenai kegiatan ini. 

Tak hanya itu dia menyampaikan berterima kasih atas diselenggarakannya Rapat Koordinasi TimPORA di Dompu, menurut dia kegiatan ini sangat bermanfaat bagi berbagai pihak. (dinyan01).