Walikota Bima Buka Diskusi Kelompok FGD, ASB Kota Bima Tahun 2019 -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Walikota Bima Buka Diskusi Kelompok FGD, ASB Kota Bima Tahun 2019

Wednesday, October 9, 2019

Walikota Bima H Muhammad Lutfi SE. 
Bima, mimbarNTB.com - Pemerintah Kota Bima melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) menggelar Diskusi Kelompok Terarah/Focus Group Duscussion (FGD) Rancangan Analisis Standar Belanja (ASB) Kota Bima Tahun 2019 di Aula Kantor Walikota Bima, Rabu (09/10).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Walikota Bima H Muhammad Lutfi SE juga melibatkan Sekda Kota Bima Drs H Mukhtar MH, Pimpinan OPD, Kepala Bagian hingga para pejabat pemerintah Kota Bima dari berbagai tingkatan.

Kepala Bappeda Litbang Kota Bima, Drs H Fakhrunraji ME dalam laporannya menjelaskan bahwa Rancangan Analisis Standar Belanja (ASB) merupakan salah satu instrumen yang disiapkan oleh pemerintah daerah guna dasar pengukuran kinerja keuangan daerah dalam mengalokasikan nilai belanja yang sama sehingga diharapkan ada kesepahaman terhadap program kegiatan.

“ASB diharapkan mampu mengefisiensi anggaran belanja daerah serta dapat menghindari ketimpangan-ketimpangan yang terjadi didalamnya,” jelas Kepala Bappedalitbang.

Walikota Bima dalam sambutannya menekankan bahwa ASB merupakan titik tolak yang sangat penting dalam langkah penyusunan program kegiatan hingga dapat menentukan kewajaran biaya dalam melaksanakan suatu kegiatan.

“ASB merupakan bentuk penataan pola yang dapat menghindari kita dari pemborosan penggunaan terhadap uang negara,” ungkap Walikota.

Walikota memberikan arahan kepada seluruh perangkat daerah untuk menjalankan program kegiatan dengan standar biaya yang sama. ASB merupakan keharusan didalam menentukan biaya kegiatan pada suatu program kerja.

“Analisis Standar Biaya ini merupakan atensi dari KPK dan sudah kita masukan dan tetapkan untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020,” jelas Walikota menutup sambutannya. (DN)