Walikota Bima Serahkan Bantuan Kapal Tangkap Ikan ke Para Nelayan -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Walikota Bima Serahkan Bantuan Kapal Tangkap Ikan ke Para Nelayan

Wednesday, November 13, 2019

Bima, mimbarNTB.com - Walikota Bima H Muhammad Lutfi SE, menyerahkan secara simbolis bantuan kapal tangkap ikan 3 GT yang bersumber dari anggaran Dana Aloksi Khusus (DAK) Dinas kelautan dan perikanan Kota Bima tahun anggaran 2019.

Jumlah bantuan yang diserahkan sebanyak 15 unit Kapal, Mesin dan Alat Tangkap Pancing) dengan nilai per unitnya seharga Rp42.430.000.

Penyerahan kapal ini dilakukan di halaman Kantor pemkot Bima sesaat sebelum upacara peringatan Hari Pahlawan pada Senin 11 November 2019.

Kapal bantuan untuk mempermudah nelayan tangkap ikan diberikan secara simbolis kepada beberapa kelompok nelayan saja, seperti Nurdin Arrahman dari Kelompok Sinar pantai (Dara) dengan nama kapal KM Teluk Bima 25, Hasanuddin dari kelompok Doro masa (Dara) dengan nama kapal KM. Teluk bima 32, Abdul Hafid dari kelompok Cahaya laut (Tanjung) dengan nama kapal KM. Teluk bima 33, Bahar dari kelompok Tuti tire (Melayu) dengan nama kapal KM. KM Teluk bima 29 dan A. Haris dari kelompok Asakota jaya (Kolo) dengan nama kapal KM. Teluk bima 35.

Tujuan dari pemberian pembangunan kapal penangkapan ikan ukuran lebih kecil 3 GT adalah untuk bertambahnya RTP (Rumah Tangga Produktif) perikanan tangkap, meningkatkan produksi perikanan tangkap, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan serta terjaganya kelestarian sumber daya ikan.

Kapal penangkapan ikan berukuran lebih kecil dari 3 GT yang dilengkapi dengan mesin dan alat tangkap diperuntukkan bagi nelayan kecil yang tergabung dalam KUB perikanan tangkap atau koperasi yang ada di kota bima dan berdomisili di wilayah kota bima (Kelurahan Dara, Tanjung, Melayu, Jatiwangi, Koli, Sarae dan Kelurahan Nae).(Tim)