Lagi-Lagi Pengeboman Ikan Jadi Topik Duskusi -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Lagi-Lagi Pengeboman Ikan Jadi Topik Duskusi

Sunday, February 23, 2020

BIMA, MIMBARNTB.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bima menggelar kegiatan Sosialisasi Keselamatan Transportasi Laut. Kegiatan yang melibatkan pemilik kapal dibawah GT7 itu digelar di Kantor Desa Lambu Kecamatan Lambu, Rabu (19/02/2020).

Kepala Dinas Perhubungan Bima yang diwakili Kepala Bidang Perhubunga Laut Abubakar, SE, mengatakan, keselamatan adalah hal yang perlu diutamakan, terutama bagi para nelayan yang kesehariannya melakukan aktifitas di laut lepas.

"Makanya kami gelar sosialisaai ini, agar nelayan tak mengabaikan unsur keselamatan dalam beraktifitas di tengah lautan," kata Abubakar yang didampingi Kasubag Program dan Pelaporan Arief Rachman Abubakar menyebutkan, kerap kali kecelakaan terjadi di laut disebabkan kurangnya kewaspadaan dalam memperhatikan laik tidaknya sarana transportasi yang digunakan. 

"Oleh karenanya, sarana laut hendaknya selalu diperiksa sebelum dipakai, apalagi banyak kecelakaan yang terjadi di laut dikarenakan kapal yang tidak dicek kelaikannya sebelum dipergunakan," ucapnya.

Dalam sesi tanya jawab, menggemuka permasalah masih banyaknya pengeboman ikan yang dilakukan para nelayan. “kami hanya mengharapkan agar masalah pengeboman ikan menjadi perhatian serius pemerintah kecamatan dan desa”, pinta  Syamduddin salah satu tokoh masyarakat.

Syamsuddin yang juga dikenal Pak Brewok menceritakan saat ini di perairan Desa Lambu pengeboman ikan sudah terang terangan, “pagi, siang malam tiada hari bom ikan,” keluhnya.

Menanggapi masalah ini Sekcam Lambu Saihu, SE mengatakan masalah pengeboman ikan sudah menjadi perhatian khusus, Pemerintah Kecamatan malah menurutnya sudah mengeluarkan himbauan bahwa hasil pengeboman Ikan adalah tidak baik, “berkali kali saya himbau ke masyarakat bahwa hasil tangkapan lewat pengeboman adalah berbahaya," jelas Saihu .

Selanjutnya, Abubakar terkait masalah pengeboman ikan menjelaskan bahwa Dinas Perhubungan hanya memiliki tugas dan fungsi Pokoknya adalah menjamin keselamatan pelayaran, tetapi tidak menutup kemungkinan dengan melibatkan unsur lain melakukan kegiatan Patroli bersama. 

“Insya Allah, saat patroli bersama dan Pengawasan Laut kami akan meningkatkan fungsi pengawasan,” janji Abubakar.

(*mb01*)