Untuk Maksimalkan Pelayanan Publik, Command Center Kota Bima Diresmikan -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Untuk Maksimalkan Pelayanan Publik, Command Center Kota Bima Diresmikan

Monday, August 23, 2021



BIMA, MIMBARNTB.COM -- Command Center sebagai pusat kendali layanan informasi Pemerintah Kota Bima yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan mutu pelayanan publik, akhirnya resmi diluncurkan oleh Wali Kota Bima H. Muhammad Lutfi, SE di Aula Kantor Wali Kota Bima. Senin (23/8/21) pagi.


Dengan hadirnya Command Center dan Platform Smart City merupakan salah satu bentuk inovasi dari pemerintah Kota Bima dalam merespon perkembangan teknologi dan kebutuhan daerah. Selain itu, portal ini dapat dimanfaatkan oleh semua pihak untuk mendapatkan informasi dan layanan pemerintah secara online.


Wali Kota Bima, mengaku bangga dengan hadirnya Command Center tersebut. Ia menyampaikan bahwa dengan adanya aplikasi ini mampu bersinergi dengan seluruh OPD yang dikendalikan melalui Command Center Kota Bima. 


Hal ini tentu menjadi hal baru bagi Pemerintah Kota Bima, sebagai satu langkah dalam pelayanan birokrasi dan pelayanan terhadap masyarakat. 


"Apalagi tuntutan masyarakat hari ini, dengan adanya E-Lapor artinya mendorong seluruh birokrasi kita untuk bergerak melayani masyarakat," tegasnya.


H. Lutfi juga berharap dengan adanya Smart City di Kota Bima mampu memudahkan kendali pelayanan birokrasi dan ketepatan. Karena kecepatan merupakan sebuah kepuasan dalam pelayanan, sehingga hal tersebut dapat menunjukan kinerja Pemkot Bima yang semakin baik.


"Kebijakan daerah tidak serta merta keinginan atau selera dari kepala daerah yang terpilih. Tetapi komitmen untuk menata masyarakat," tutupnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kominfotik Pemprov NTB Dr. Najamudin Amy, S.Sos., MM menyampaikan hal ini merupakan wujud dari smart city yang berlandaskan kepada lahirnya open government (pemerintahan yang terbuka/transparan) sekaligus pemerintahan yang mengedepankan kebijakan-kebijakan yang mengedepankan pelayanan dan informasi publik. 


"Keselarasan informasi dan teknologi itu sangat penting bagi kita. Oleh karena itu untuk mewujudkan visi dan misi NTB, maka salah satu yang ingin kita laksanakan adalah adanya kolaborasi ekosistem smart city di NTB," jelasnya.


Pada kesempatan itu, Ia sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Kota Bima yang telah memulai sebuah hal yang luar biasa dengan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat Kota Bima. 


"Seluruh Kepala OPD dan ASN di Pemprov NTB dan di Kota Bima untuk terlebih dahulu memberikan keteladanan terhadap aplikasi dan implementasi smart city ini bisa dilaksanakan," tutupnya.


Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik Kota Bima, H. Sukri, M.Si mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat sejak awal hingga akhir pembentukan Command Center Kota Bima. Ia juga melaporkan keberadaan Command Center pertama di NTB ini, sangat diapresiasi oleh Pemerintah Kab/Kota lainnya yang ada di NTB.


"Bentuk apresiasinya yaitu dengan adanya study banding dari daerah Kabupaten Dompu dan Kabupaten Lombok Timur," jelasnya. 

MB01