24,5 Porsen Ibu Hamil di Kabupaten Bima Sudah Divaksin -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

24,5 Porsen Ibu Hamil di Kabupaten Bima Sudah Divaksin

Thursday, October 21, 2021

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kemas) Dinas Kesehatan Kabupaten Bima (Dinkes), Tita Mashita M.Si. Dok.mimbarntb/Din.

BIMAMIMBARNTB.COM - Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kemas) Dinas Kesehatan Kabupaten Bima (Dinkes), Tita Mashita M.Si mengatakan Ibu hamil termasuk kelompok prioritas yang boleh menerima vaksin Covid-19.


"Vaksinasi ibu hamil ini merupakan bagian dari program vaksinasi nasional untuk membentuk herd immunity atau kekebalan terhadap covid-19," kata Tita Mashita pada mimbarntb di ruang kerjanya, Jumat (22/10/2021).

Namun kata Tita Mashita, sebelum diperbolehkan menerima vaksin Covid-19, ibu hamil perlu menjalani proses skrining atau penapisan untuk melihat status kesehatannya. 

"Syaratnya harus usia kehamilan diatas 4 bulan atau sama dengan 4 bulan. Tidak memiliki penyakit Diabetes, jantung, flu, batuk, pilek, asma dan lainnya. Siapa yang melakukan vaksinasi terhadap ibu hamil yaitu Tenaga Vaksinator di puskesmas yang bekerjasama dengan bidangnya untuk memastikan ibu ini layak divaksin. Sebelum divaksin, ibu hamil diberi edukasi terlebih dahulu dan tidak dipaksa karena tingkat kesadaran mereka semakin meningkat," jelasnya.

Tita Mashita menjelaskan, pemberian vaksin tersebut tergantung dengan kesediaan stok vaksin yang dikirim dari pusat. Saat ini di Kabupaten Bima, ibu hamil yang diberikan vaksin SINOVAC telah mencapai 656 orang atau 24,5 porsen sejak dimulai bulan September 2021 dan baru berjalan 2 bulan.

Ia menargetkan pemberian Vaksinasi untuk Ibu Hamil sampai bulan Desember 2021 yakni sebanyak 50 porsen. Namun kata dia, itu tergantung ketersediaan vaksin yang dikirim dari pusat.

Dia menambahkan, meningkatnya kesadaran Ibu Hamil akan pentingnya vaksinasi karena edukasi yang terus menerus dilakukan seperti kegiatan pencanangan yang telah dilakukan di Puskesmas Woha beberapa waktu lalu yang dihadiri oleh Wakil Gubernur, Wakil Bupati Bima dan dr. Khairil, SpoG.

"Kampanye dipusatkan di Puskesmas Woha untuk ibu hamil serentak se Provinsi NTB," ungkapnya.

Kata dia, suksesnya kegiatan vaksinasi tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama semua pihak terutama tim, baik dari pkm, Babinsa dan Babinkantipmas, sehingga capaian saat ini 656 Ibu Hamil sudah divaksin.

*RED*