Sosialisasi Manfaat Vaksinasi Booster & Vaksin Merdeka Anak Usia 6-11 Tahun -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Sosialisasi Manfaat Vaksinasi Booster & Vaksin Merdeka Anak Usia 6-11 Tahun

Thursday, January 20, 2022


BIMAMIMBARNTB.COM - Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) bersama Muspika Kecamatan melakukan sosialisasi di seluruh Sekolah Dasar Negeri (SDN).


Sosialisasi dilakukan sebelum pelayanan vaksinasi Booster dan vaksinasi merdeka anak usia 6 -11 tahun di wilayah Kecamatan Woha, Kabupaten Bima. 

Sosialisasi tersebut dilakukan pada hari senin tanggal 17 Januari 2022 sekira pukul 10.00 wita. Sosialisasi turut dihadiri oleh Sekcam Woha Amiruddin, Kapolsek Woha diwakili oleh Aipda Jumran, Danramil Woha diwakili Sertu Agus budi Uliantara, pihak Puskesmas Woha, Kepala SDN 1 Tente, para wali murid, Kepala sekolah, tomat, toga, Karang taruna di Aula kantor Camat Woha.

Kepala PKM Woha dr. Dewi Puspaningsih dikonfirmasi media ini, Kamis (20/1/2022) mengatakan, tujuan dari sosialisasi tersebut dalam rangka memberikan pemahaman kepada wali murid tentang manfaat dari vaksin Booster dan vaksin merdeka anak usia 6 -11 tahun.

"Murid yang memenuhi syarat bisa divaksin yang didampingi wali murid masing-masing," kata dr Dewi. 

Lebih lanjut Dewi mengatakan, untuk diketahui bersama bahwa vaksin merdeka anak itu penting dan aman, walaupun sedikit sakit saat disuntik namun vaksin dapat melindungi anak dan orang lain dari corona.

"Vaksinasi bertujuan membentuk kekebalan kelompok, mencegah kematian pada anak akibat Covid-19," ungkap dr Dewi. 

"Peserta mendapatkan Vaksin Sinovac sebanyak 2x dengan jarak atau interval minimal 28 hari, vaksin Covid-19 pada anak Usia 6 - 11 Tahun sudah dimulai per tanggal 24 Desember 2021," lanjutnya. 

Sementara menurut Ketua Satgas Imunisasi ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Prof Dr. Hartono Gunardi, SpA(K) kejadian ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Vaksin Covid-19 anak Terbilang ringan antara lain : Nyeri dibagian Lokasi Suntik, Sakit Kepala, Demam, Mual, Nyeri Otot dan nyeri Sendi. 

"Bila anak mengalami KIPI tersebut, cukup atasi dengan kompres bagian lengan yang telah disuntik dengan air dingin yang Bersih, tetap menggunakan lengan yang telah disuntik untuk melakukan aktivitas, istrahat yang cukup, minum air yang banyak untuk menjaga Hidrasi tubuh tetap baik, gunakan pakaian yang nyaman dan ringan, memberikan obat-obatan seperti penurun demam sesuai dengan anjuran dokter," bebernya.

Selanjutnya, Rabu 19 Januari 2022 pukul 08.00 wita jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Bima akan melanjutkan kegiatan Pencanangan Vaksinasi anak Usia 6-11 tahun dan Vaksin Booster yang bertempat di depan SDN 1 tente.

(Zal)