PKM Monta Maksimalkan Penerapan GERMAS di Masyarakat -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

PKM Monta Maksimalkan Penerapan GERMAS di Masyarakat

Monday, June 20, 2022

Dok. mimbar NTB/Zal.

BIMA,MIMBARNTB.COM - Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Monta Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, H. Abdul Salam S.Kep akan memaksimalkan penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di tengah Masyarakat luas.


Kata dia, kedepan Germas diharapkan bisa menekan keberadaan penyakit non Infeksius atau Penyakit tidak Menular (PTM). 

"Adapun salah satu inovasi pelaksanaan Germas di PKM ini, pola hidup sehat dan konsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin," kata H. Abdul Salam pada mimbar NTB saat ditemui di PKM setempat, Senin (20/6/2022). 

Namun kata mantan Kepala PKM Parado ini, untuk pelaksanaan kegiatan Germas pihaknya akan melibatkan seluruh Opd dan seluruh Upt Kecamatan Monta diundang ke PKM dalam rangka senam bersama.

"Setelah senam akan dibagikan buah buahan dan bahan makanan lokal yang bervitamin dan berprotein,  seperti singkong, ubi, jagung, kacang kacangan dan lainnya," jelasnya. 

Dikatakannya, pencanangan program Germas ini bertujuan membiasakan masyarakat untuk hidup sehat dengan menerapkan pola makan yang natural dan olahraga yang cukup. 

"Saat ini sudah banyak masyarakat yang mengkonsumsi makanan  siap saji, padahal itu semua dapat menimbulkan penyakit, seperti diabetes, jantung, hipertensi, akibat pola makan yang tidak sehat," imbuhnya. 

Lanjutnya, Program Germas tersebut sebenarnya sudah ada dan telah berjalan sejak sebelum adanya Pandemi Covid-19, hanya saja  pelaksanaannya kurang maksimal karena PKM harus mengedukasi masyarakat dengan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebarluasan Covid-19.

Ia berjanji pihaknya akan terus berupaya mencari solusi terbaik dengan melakukan terobosan baru terkait penanganan sejumlah permasalahan kesehatan kemasyarakatan.

"Misalnya saja kita membuka kelas baru di Monta dalam/Monta Selatan dengan jadwal satu kali seminggu," bebernya. 


(mimbarNTB/Zal