Contoh Model Pengelolaan Usaha BUMDes Desa Sari Telah Sukses -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Contoh Model Pengelolaan Usaha BUMDes Desa Sari Telah Sukses

Thursday, January 5, 2023

BUMDes. 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Bima memuji kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Sari Kecamatan Sape Kabupaten Bima. 


Kelompok Jabatan Fungsional pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Bima, Abubakar, S.Sos meminta agar desa lain di Kabupaten Bima ikut mencontoh model pengelolaan usaha BUMDes yang telah sukses, seperti di BUMDes Sari Kecamatan Sape Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat.

Menurutnya BUMDes Sari saat ini memiliki laba dari usaha yang dikelola kurang dari Rp1 Milyar, itu tidak termasuk penyertaan modal yang diberikan Desa Sari. 

Abubakar pun membocorkan cara mengelola BUMDes agar menghasilkan keuntungan atau laba dari usaha yaitu  kekompakan pengurus BUMDes, niat tulus membangun desa, pengelolaan menejemen yang baik, BUMDes harus memiliki sekretariat, memilih jenis usaha yang tepat sesuai potensi desa dan kebutuhan warga di desa setempat, kolaborasi antara BUMDes dengan pemerintah desa setempat sangat menentukan kesuksesan usaha BUMDes. 

"Kepada seluruh BUMDes yang lain agar segera bangkit, bisa mengikuti kesuksesan yang telah ditorehkan BUMDes Sari Kecamatan Sape," himbauan master BUMDes itu kepada wartawan di ruang kerja Kabid Ekonomi, DPMDes Kabupaten Bima, Kamis (5/1/2023). 

(red)