Kasus DBD Tertinggi di Tiga Kecamatan Kabupaten Bima -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Kasus DBD Tertinggi di Tiga Kecamatan Kabupaten Bima

Tuesday, January 24, 2023

Ilustrasi DBD.
Sejumlah Kecamatan di Kabupaten Bima terserang Kasus DBD tertinggi yaitu Monta (41 Kasus), Bolo2 (6 Kasus) dan (Sape 15 Kasus).


Warga yang diserang Demam Berdarah Dengue (DBD) saat ini sedang dirawat di Puskesmas masing-masing dan rumah sakit umum Daerah.


Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Pengehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bima Alamsyah, S, KM.


"Penanganan dan perawatan baik puskesmas maupun Rumah sakit. Lagi diupayakan Sape dan Bolo sudah mulai foging karena kasus tertinggi," kata Alamsyah via WhatsApp, Rabu (25/1/2023).


Alamsyah menjelaskan terdapat pada semua usia diserang DBD, tetapi paling banyak adalah usia anak anak yang terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang saat ini mendapat penanganan medis.


Dilansir dari halodoc.com Penyebab Demam Berdarah

Demam berdarah disebabkan oleh salah satu dari empat jenis virus dengue. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk. Dua nyamuk yang bisa menularkan virus ini adalah Aedes aegypti dan Aedes albopictus.


Dua jenis nyamuk yang paling sering menyebarkan virus dengue ini umum ditemukan baik di dalam maupun di sekitar pemukiman. Ketika nyamuk menggigit seseorang yang terinfeksi virus dengue, virus tersebut masuk ke dalam nyamuk. Kemudian, ketika nyamuk yang terinfeksi menggigit orang lain, virus memasuki aliran darah orang itu dan menyebabkan infeksi.


Setelah seseorang sembuh dari penyakit ini, ia akan memiliki kekebalan jangka panjang terhadap jenis virus yang menginfeksinya, tetapi tidak terhadap tiga jenis virus demam berdarah lainnya. Ini berarti, seseorang bisa dapat terinfeksi lagi di masa depan oleh salah satu dari tiga jenis virus lainnya. Risiko seseorang terkena penyakit ini dengan tingkat yang parah akan meningkat jika seseorang terkena demam berdarah untuk kedua, ketiga atau keempat kalinya.


Gejala Demam Berdarah

Banyak orang tidak mengalami tanda atau gejala infeksi demam berdarah dengue. Ketika gejala benar-benar terjadi, disalah artikan sebagai penyakit lain, seperti flu. Biasanya gejala akan muncul mulai empat hingga 10 hari setelah seseorang digigit nyamuk. 


Penyakit ini bisa menyebabkan demam tinggi hingga 40 derajat Celsius. Selain itu, beberapa gejala lainnya, antara lain: sakit kepala, nyeri otot, tulang dan sendi, mual dan muntah, sakit dibelakang mata, kelejar bengkak, dan ruam.


Kebanyakan orang bisa pulih dalam waktu seminggu atau lebih. Dalam beberapa kasus, gejalanya memburuk dan dapat mengancam jiwa. Ini disebut demam berdarah parah, demam berdarah dengue atau sindrom syok dengue.


Demam berdarah yang parah terjadi ketika pembuluh darah menjadi rusak dan bocor. Kondisi ini akan menyebabkan jumlah sel pembentuk gumpalan (trombosit) dalam aliran darah turun. Hal ini dapat menyebabkan syok, perdarahan internal, kegagalan organ dan bahkan kematian.


Pencegahan Demam Berdarah


Organisasi Kesehatan Dunia menekankan bahwa vaksin itu sendiri bukanlah alat yang efektif untuk mengurangi demam berdarah di daerah-daerah dimana penyakit ini sering mewabah. Pencegahan gigitan nyamuk dan pengendalian populasi nyamuk masih menjadi metode utama untuk mencegah penyebaran demam berdarah.


Jika kamu tinggal atau bepergian ke daerah yang sering terkena penyakit ini, tips berikut dapat membantu mengurangi risiko gigitan nyamuk, yaitu:


1.Gunakan AC atau kelambu yang dipasang diventilasi dan tempat tidur.

2.Kenakan pakaian pelindung saat kamu pergi ke daerah yang dipenuhi nyamuk, kenakan baju lengan panjang, celana panjang, kaus kaki, dan sepatu.

3.Gunakan obat nyamuk seperti permetrin karena mereka dapat diaplikasikan pada pakaian, sepatu, perlengkapan berkemah, dan kelambu.

4.Mengurangi habitat nyamuk dengan menutup genangan air, seperti wadah tanam, piring hewan, dan vas bunga.


Kapan Harus ke Dokter?


Demam berdarah yang parah adalah keadaan darurat medis yang mengancam jiwa. Cari pertolongan medis segera jika kamu mengalami demam dan mengembangkan salah satu dari tanda-tanda peringatan yang sebelumnya disebutkan.

(red)