Wali Kota Bima Menandatangani AKAD Demi Sejahterakan Petani -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Wali Kota Bima Menandatangani AKAD Demi Sejahterakan Petani

Monday, March 20, 2023

Wali Kota Bima Menandatangani AKAD Demi Sejahterakan Petani. 

Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani Walikota Bima hadiri Penandatangan AKAD Program Mitra Binaan Petani Plasma PT. Sarottama Mitra lestari.


Kegiatan yang berlangsung di kantor PT. Sarottama Mitra lestari turut dihadiri oleh direktur PT Sarottama Mitra Lestari, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima, serta para Petani dikota Bima, Minggu (19/3/2023).

Wali Kota Bima dalam hal ini menyampaikan bahwa dengan adanya AKAD Program Mitra Binaan Petani Plasma PT. Sarottama Mitra lestari tersebut memberikan dampak baik bagi petani khususnya di kota bima.

Ia menambahkan bahwa petani di bima adalah petani yang sangat ulet, sehingga dengan adanya PT Sarotamma ini membawa dampak yang sangat posisif  untuk meningkatkan taraf hidup petani  agar lebih modern dan efisien.

Dengan adanya Tekhnologi yang dihadirkan ini memberi dampak pengurangan biaya produksi seperti biaya tenaga kerja, begitu juga dalam hal penyemprotan  sehingga memudahkan petani untuk menyemprot lahan dalam jumlah besar.

"Saya harap dengan adanya kerja sama ini  sehingga kenaikan taraf ekonomi petani di kota bima ini juga membawa dampak positif terhadap pemerintah, apalagi kondisi hari ini kita sama-sama berjuang meningkatkan ekonomi masyarakat serta menjaga inflasi agar tidak terjadi kelangkaan bahan pangan atau bahan pokok apapun," tutupnya.

Selain itu, Komisaris PT Sarottama Mitra Lestari juga menyampaikan bahwa melalui kegiatan tersebut bisa meningkatkan prokdutivitas petani. 

"Kami berencana membangun sebuah pengering jagung yang akan dipasarkan di sentra-sentra , karena sekarang 80% masih mengandalkan sinar matahari untuk dijemur sehingga ketika musim hujan kualitasnya kurang bagus  dan kesempatan untuk dijual akan lama. Nanti kami akan mudahkan pemasaran mesin pengering ini," ucapnya

Kegiatan tersebut hanya bertujuan untuk membantu para petani, petani tentu sangat membutuhkan modal termasuk pupuk, benih pengobatan, karung, terpal,  perusahaan berupaya membantu tanpa bunga. 

"Kami akan menggunakan pola syariah, dana talangan pun tidak begitu memberatkan hanya biaya admin, dengan niat baik kami ini tentu kami berharap agar para petani dapat merespon dengan baik sehingga pada akhirnya nanti ini akan berkelanjutan dan memberikan berkah baik bagi kita semua," tutupnya.

(red)