Kota Bima Raih Penghargaan Kota Sangat Inovatif, HM Rum Melalui Staf Ahli: Buah Kerja Keras Semua Pihak -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Kota Bima Raih Penghargaan Kota Sangat Inovatif, HM Rum Melalui Staf Ahli: Buah Kerja Keras Semua Pihak

Tuesday, December 12, 2023

Pemerintah Kota (Pemkot) Bima kembali mendapatkan pengakuan serta penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Tahun 2023 sebagai kategori Kota Sangat Inovatif pada acara penganugerahan Penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) Tahun 2023.

Foto bersama penyerahan penganugerahan. 

Staf Ahli Bidang Kesra, Kemasyarakatan dan SDM, H. Sukarno, SH didampingi Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Bima, Adhi Aqwam, ST.,M.Eng, M.Sc menghadiri Penganugerahan Penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) Tahun 2023 oleh Kemendagri yang bertempat di Gedung C Lantai 3 Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jl. Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) Tahun 2023 diberikan kepada pemerintah daerah kategori provinsi terinovatif, kabupaten terinovatif, kota terinovatif, daerah perbatasan terinovatif dan daerah tertinggal terinovatif dengan jumlah pemerintah daerah sebanyak 87 seluruh Indonesia yang meliputi, 11 pemerintah provinsi, 50 pemerintah kabupaten dan 26 pemerintah kota menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) 2023 dilakukan setiap tahun dan telah melewati tahapan-tahapan, mulai dari proses sosialisasi, pengukuran indeks dimana menganalisis variabel dan indikator indeks inovasi daerah secara digitalisasi dan hasil pemaparan inovasi dari kepala daerah.

Penjabat Wali Kota Bima melalui Staf Ahli Wali Kota Bima, H. Sukarno, SH mengatakan penghargaan ini berkat buah kerja keras semua pihak sebagai ikhtiar bersama mewujudkan Kota Bima yang sejajar dengan kota lain. Hal ini tergambar dengan terus lahirnya inovasi-inovasi yang dikembangkan oleh BRIDA Kota Bima.

H. Sukarno berharap agar inovasi-inovasi yang lahir benar-benar dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat Kota Bima dengan kemudahan pelayanan melalui aplikasi.

"Semoga ini sebagai pemantik semangat kita semua untuk berbuat yang terbaik bagi Kota Bima," ujar H. Sukarno.

Sementara itu, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kota Bima, Adhi Aqwam, ST.,M.Eng, M.Sc selaku badan teknis mengungkapkan, pada Penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) Tahun 2023 jumlah inovasi yang dilaporkan pemerintah Kota Bima sebanyak 77 inovasi.

Adhi Aqwam menyebut, untuk inovasi-inovasi apa saja yang unggul yang dimiliki Kota Bima akan diumumkan nanti pada acara malam Apresiasi Inovasi Daerah Kota Bima Tahun 2023.

"Nanti kita umumkan inovasi-inovasi unggul kita pada acara malam Apresiasi Inovasi Daerah Kota Bima tanggal 15 Desember 2023," ungkapnya.

Ia mengatakan, Penghargaan ini tak luput dari dukungan dan kerjasama yang kuat dari seluruh perangkat daerah selama tahun 2023.

"Mudah-mudahan sinergi ini akan lebih diperkuat pada tahun-tahun yang akan datang," tutupnya.

(**).