Baznas Kota Bima Fokus Sosialisasi dan Optimalisasi Zakat -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Baznas Kota Bima Fokus Sosialisasi dan Optimalisasi Zakat

Tuesday, March 26, 2024

Ketua Baznas Kota Bima, H Nurdin. 

Kota Bima.-Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima, H. Nurdin Mansyur menyampaikan bahwa pada Ramadhan tahun 2024 ini pihaknya fokus melakukan sosialisasi dan optimalisasi zakat fitrah dan zakat Mal agar bisa terkumpul hingga sebesar Rp 2,5 Milyar sesuai ditargetkan.


"Khusus untuk zakat Fitrah kami intens turun ke sejumlah masjid besar di Kota Bima memberikan pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya membayar zakat," ungkapnya kepada sejumlah media, di kantor Baznas, Senin (25/03/2024).

Ia sampaikan juga bahwa capaian zakat fitrah di Kota Bima sudah cukup baik meskipun masih ada di beberapa kelurahan yang kesadaran warganya sangat rendah dalam menyetor zakat ke Baznas.

"Kami ambil langkah turun ke masjid-masjid memberikan pencerahan soal ini," katanya. 

Tak hanya itu, ia mengungkapkan bahwa sesuai ketentuan Baznas dan pemerintah pada tahun ini zakat fitrah seberat 2,5 kg beras terbaik atau setara uang 35 ribu.

"Kami mengambil patokan terendah sesuai dengan harga beras yang dikonsumsi saat ini standarnya 35 ribu, kalau ada yang bayar lebih dari itu malah lebih bagus. Ketentuan ini berlaku untuk seluruh daerah se-NTB. Semoga tahun ini masyarakat tidak kendor bayar zakat," terangnya. 

H Nurdin mengingatkan bahwa zakat fitrah itu zakat jiwa dan wajib bagi setiap muslim mulai dari balita hingga lansia dan pembayarannya bisa melalui UPZ sebagai lembaga yang dibentuk oleh Baznas.

(Din/mb).