Kegiatan Bursa Inovasi Desa Dibuka Secara Resmi Oleh Wakil Bupati Bima -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Kegiatan Bursa Inovasi Desa Dibuka Secara Resmi Oleh Wakil Bupati Bima

Thursday, December 28, 2017

Kabupaten Bima. MimbarNTB | Tim Inovasi Desa bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bima menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa yang dipusatkan di STKIP Taman Siswa Bima Kecamatan Woha Kabupaten Bima, 28/12/2017.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bima H. Dahlan H. M. Noor, Kadis DPMDes Andi Sirajudin, kadis PUR H. Ngempo, ST. MT, Dandim, Polres Bima Kabupaten, Bank BNI, Camat dan Kades se Kabupaten Bima. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bima.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan H. M. Noor mengatakan keberadaan UU No 6 tentang desa telah memberikan kewenangan yang sangat luas kepada desa dalam mengelola dan pertanggungjawaban dengan alokasi dana desa yang sangat signifikan, sehingga diharapkan pemerintah desa dapat meningkatkan kemampuannya untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. n  Namun disadari bahwa kapasitas desa dalam menyelenggarakan pembangunan dalam perspektif "desa membangun" masih terbatas.

"Keterbatasan itu tampak dalam kapasitas pemerintah desa dan masyarakat. Kualitas tata kelola desa maupun sistem pendukung berupa regulasi dan kebijakan pemerintah terkait tentang desa sebagai dampak kualitas perencanaan, pelaksanaan,  pengendalian dan pemanfaatan pembangunan desa yang kurang optimal dan kurang memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat desa" ungkapnya.

Selain itu, diungkapkan bahwa aspek lain yang harus diperhatikan secara serius dalam pengelolaan pembangunan desa yaitu ketersediaan data yang memadai, akurat dan Up to data mengenai kondisi objektif maupun perkembangan desa yang menunjukan pencapaian desa. Ketersediaan data sangat penting bagi semua pihak yang berkepentingan, khususnya bagi pemerintah dalam merumuskan kebijakan pembangunan.

Program Inovasi desa dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa yang diorentasikan dalam meningkatkan produktivitas pedesaan dengan bertumpu pada pengembangan ekonomi lokal kewirausahaan yang diprakarsai desa melalui Bumdes dan Bumdes bersama serta produk unggulan kawasan pedesaan guna menggerakan dan mengembangkan ekonomi desa.

"Hal mendasar dalam merancang bangunan program inovasi desa adalah inovasi atau kebaruan dalam praktek pembangunan dan pertukaran pengetahuan yang di petik dari realitas kerja desa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan yang didayagunakan sebagai pengetahuan untuk ditularkan dan diaplikasikan secara meluas".tutupnya.